Jelang Lebaran 2018, Polda Jateng Tempatkan Petugas Gabungan di Tol Fungsional

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Polda Jateng akan menyiagakan petugas gabungan yang menjaga keamanan di sepanjang jalur tol fungsional menjelang Lebaran mendatang, mengingat sebagian ruas tol pantura itu masih ada yang belum selesai keseluruhhanya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan petugas gabungan akan disiagakan di setiap lima kilometer di sepanjang tol fungsional, yang akan dioperasikan saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

“Setiap lima kilometer akan disiagakan satu unit mobil patroli gabungan Brimob dan Lalu Lintas untuk membantu pemudik yang melintasi jalur tol tersebuit,” ujarnya.

Menurutnya, tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang kondisinya memang masih ada beberapa kekurangan, di antaranya berkaitan dengan masalah penerangan jalan dan rambu-rambu yang belum lengkap.

Sementara untuk membantu pada pemudik, di setiap 10 kilometer ruas tol pantura itu akan dibangun area istirahat.

“Pada rest area ini sudah ada penerangan, termasuk disiagakan petugas gabungan dari TNI-Polri,” tuturnya.

Menurutnya, perhatian utama dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran, di sejumlah gerbang, termasuk Tol Manyaran di Kota Semarang yang merupakan titik akhir dari jalur tol fungsional Batang-Semarang.

Polda Jateng akan menurunkan sebanyak 20.500 personel untuk mengamankanselama perayaan Idul Fitri melalui Operasi Ketupat Candi 2018 yang dilaksanakan selama 18 hari mulai 8 hingga 24 Juni 2018.

Selain menerjunkan personil sebanyak itu, Polda juga akan melibatkan unsur lain seperti TNI, instasi terkait dari pemerintah, ormas, dan relawan masyarakat dan dijadwalkan 7 Juni mendatang akan digelar apel gelar pasukan.

“Tingkat kerawanan paling tinggi selama pelaksanaan operasi adalah kemacetan pada arus mudik dan balik, terutama di jalur pantura,” ujarnya.

Menurutnya, meski sudah difunsionalkan sejumlah ruas tol, namun semua jalan, termasuk jalan uatama maupun jalan alternatif akan dimaksimalkan, agar arus mudik dan balik dapat berjalan lancar.

Tol operasional, lanjutnya, akan melayani arus kendaraan pemudak dari Brebes hingga Gandulan, Pemalang. Sementara, tol fungsional dari Gandulan hingga Krapyak Kota Semarang. (Suparman)

banner 521x10

Komentar