oleh

Kanwil BPN Propinsi Banten Gelar Rapid Test Untuk Cegah Penularan Covid-19 Dilingkungan Para Pegawainya

INILAHONLINE.COM, SERANG

Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Propinsi Banten bekerjasama dengan Tim Medis Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta menggelar Rapid Test di tengah badai pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini masih merebak, khususnya di Indonesia.

“Ditengah badai Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini dengan tingkat penyebaran yang masih tinggi dan banyak masyarakat yang menjadi terduga (suspect) dari Covid-19. Untuk itu, selain menerapkan social distancing, kami juga memberlakukan jadwal bekerja dari rumah (Work From Home) serta protokol kesehatan untuk pencegahan lainnya,“ kata Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng melalui keterangan tertulisnya kepada media, Sabtu (13/6/2020)

Menurut Tenri, pelaksanaan kegiatan Rapid Test terhadap seluruh pegawai Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten guna untuk mendeteksi pegawai yang masuk dalam klasifikasi rentan.

Untuk penyelenggaraan kegiatan Rapid Test ini pihaknya bekerjasama dengan tim medis RSPP Jakarta, yang melibatkan puluhan pegawai Kanwil BPN Banten.

“Rapid test merupakan tindakan preventif guna mengetahui siapa saja yang menjadi suspect virus ini. Adapun pelaksanaan Rapid Test ini bertujuan untuk mendeteksi pegawai yang masuk dalam klasifikasi rentan, klasifikasi rentan dimaksudkan karena meski dalam kondisi selama Work From Home, sejumlah pegawai Kanwil BPN Provinsi Banten masih melakukan kegiatan di luar kantor.

Tes ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab untuk mengecek kondisi kesehatan pegawai Kanwil BPN Provinsi Banten. Sebab, meski selama melakukan kebijakan Work From Home dan dibarengi protokol pencegahan penyebaran Covid-19, sejumlah pegawai masih tetap melakukan kegiatan di lapangan dan layanan pertanahan juga masih terus berjalan,” ungkap Andi Tenri Abeng yang juga mantan Kakan BPN Kota Bogor tersebut.

Melalui kegiatan ini Andi Tenri Abeng berharap agar dapat terus mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19. Sebelumnya Andi Tenri Abeng juga telah melakukan tindakan pencegahan dengan menerapkan kegiatan physical distancing melalui sistem Work From Home (WFH), pembatasan layanan dan menghindari pelayanan tatap muka secara langsung sejak bulan Maret lalu.

“Kami bekerja sama dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta untuk melakukan rapid test bagi seluruh pegawai, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan penularan Covid-19 Apalagi masih ada sejumlah pegawai yang bekerja di lapangan,”

Masih kata Tenri, meskipun kegiatan para pegawai tetap melaksanakan tugas di lapangan sudah dibatasi kecuali untuk yang sangat urgent (penting dan mendesak-red), tapi tetap saja berisiko tertular virus Corona. Dari Hasil Rapid Test yang dilakukan terhadap para pegawai BPN kanwil Banten ini, hasilnya cukup melegakan yakni, non reaktif.

“Alhamdulillah semua karyawan yang mengikuti rapid test hari ini hasilnya non-reaktif dan bagi mereka yang belum dapat mengikuti kegiatan rapid test ini tidak di perkenankan memasuki area kantor khawatir membawa carrier pada mereka yang sudah test dan hasilnya negatif, sebelum melakukan rapid test susulan. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir agar aktivitas bisa berjalan seperti semula,” ungkapnya.

Sementara itu, Seniwati, salah satu tim medis dari RSPP Jakarta dr. Seniwati mengatakan, bahwa Rapid Test ini sebagai tindakan deteksi dini terhadap Covid-19, Ia memberi himbauan kepada para pegawai agar tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19 dengan tetap rajin mencuci tangan, selau memakai masker, social distancing dan tetap menjaga daya tahan tubuh.

“Hari ini kita melakukan Rapid Test terhadap seluruh pegawai Kanwil BPN Banten dengan tujuan sebagai tindakan deteksi dini untuk covid-19. Alhamdulillah hasilnya semua non-reaktif. Rapid Test ini sangat berguna untuk mengetahui kita terpapar atau tidak,” ujarnya.

Selain itu, Seniwati juga berharap agar para pegawai BPN provinsi Banten tetap selalu menjaga diri sendiri dengan mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan yakni, selalu rajin mencuci tangan, pakai masker, tetap jaga jarak dan tentunya menjaga kesehatan dan imunitas atau daya tahan tubuh kita

“Kegiatan Rapid Test ini secara terjadwal setiap peserta yang akan mengikuti rapid test juga diwajibkan untuk tetap melaksanakan penjagaan jarak yang sangat ketat antara satu sama lain untuk menghindari timbulnya kerumunan. Dalam kegiatan tersebut, setiap peserta juga diharuskan mengikuti anjuran untuk tetap mencuci tangan terlebih dahulu serta menggunakan masker,” imbuhnya.

(Humas BPN Kanwil Banten/Piya Hadi)

Komentar