oleh

Kapolda Jateng, Hadapi Mudik Lebaran Mendatang Jalan Tol Batang-Semarang Dipasang CCTV untuk Keamanan

INILAHONLINE.COM, KENDAL

Kapolda Jateng Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel melakukan pemantauan kesiapan lalu lintas pada arus mudik 2019 mendatang di jalan tol Semarang Batang, Minggu (12/5/2019). Sebagai bentuk peningkatan pengamanan, Polda Jateng bakal memasang sebanyak 75 unit CCTV yang tersebar di sepanjang jalan tol tersebut.

“Jadi selain untuk memantau lalu lintas, CCTV ini bisa meningkatkan pengamanan selama arus mudik serta meningkatkan respon kepolisian terhadap kejadian selama arus mudik,” kata Irjen Pol. Rico Amelza Dahniel
Menurutnya, pihaknya memprediksi saat arus mudik mendatang sekitar 26 Mei itu, seluruh CCTV sudah aktif digunakan. “Pada 24 Mei besok akan dilakukan simulasi, sehingga kedepan CCTV ini bisa membantu tugas Polri saat melakukan pengamanan,” terangnya.

Kapolda menambahkan dalam pengamanan ini pihaknya telah melakukan penempatan anggota polri di tiap jalur yang akan digunakan untuk arus mudik. Anggota dari Mabes Polri dan Mapolda Jateng akan melakukan pengamanan di jalur utama yakni jalan tol.

“Sedangkan anggota dari Polres setempat akan melakukan pengamaan di Jalur Reguler yakni jalur pantura dan jalur perkotaan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, pihaknya juga sudah mengidentifikasi titik rawan kemacetan disejumlah lokasi dengan melakukan kanalisasi terutama yang ada pasar tumpah.

“Kami telah melakukan identifikasi titik kemacetan di jalur reguler seperti traffic light, pasar tumpah sehingga diperlukan Kanalisasi yakni membentuk sistem pengaturan lalu lintas agar arus lalu lintas menjadi maksimal,” tandasnya.

Sementara, Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita mengatakan di wilayah Kabupaten Kendal terdapat pasar tumpah yang berada di jalur Pantura Kendal sehingga menjadi titik kemacetan di jalur tersebut.
Selain itu diruas jalur keluar tol tepatnya yakni di Weleri dan Kaliwungu juga menjadi titik kemacetan.

“Lokasi Pasar Cepiring berada di tepat tepi Jalan Pantura, kami akan membuat pos pengamanan disana selain beberapa titik lainnya di jalur Pantura,” bebernya.

(suparman)

Komentar