oleh

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Beri Penghormatan Terakhir di Pemakaman Ketua Dewan Pers

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan penghormatan terakhir kepada untuk almarhum Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers. Jenazah Azyumardi Azra dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Diketahui prosesi pemakaman Azyumardi Azra dilakukan secara militer. Proses upacara pemakaman Azyumardi dimulai sekitar pukul 08.52 WIB pada Selasa (20/9/2022).

Dalam penghormatan tersebut, Sigit berdiri meninggalkan barang yang dipegang. Suasana khidmat sangat terasa di lokasi disemayamkannya para pahlawan bangsa itu.

Setelah meninggalkan barang yang dipegang, Sigit pun melakukan sikap hormat di hadapan pemakaman. Para pelayat lain juga melakukan hal yang sama.

Di samping Sigit, sejumlah tokoh, keluarga, dan kerabat hadir di pemakaman mendiang Ketua Dewan Pers itu. Semuanya memberikan penghormatan terakhir sebelum pemakaman.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terlihat di lokasi sebagai inspektur upacara pemakaman. Pembawa acara kemudian menyampaikan riwayat hidup dari Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Inspektur upacara lantas membacakan apel Persada.

“Saya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy atas nama negara bangsa dan Tentara Negara Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi jiwa dan raga almarhum,” kata Muhadjir di lokasi.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat. Azyumardi berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan. Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia.***

banner 521x10

Komentar