oleh

Karnaval Budaya Seru Rasa Rumkit Wijayakusuma Purwokerto

INILAHONLINE.COM, PUWOKERTO

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, ratusan tenaga medis Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, menggelar pawai atau karnaval aneka kostum budaya khas daerah diseluruh wilayah Indonesia dan menampilkan kreativitas dari setiap bagian yang ada di Rumkit dan juga Persit, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan yang digelar secara terbuka bertemakan “Ke-Bhinneka-an” ini, mendapat perhatian masyarakat sekitar, terutama di sepanjang jalur karnaval budaya yang dilalui menyusuri jalanan sepanjang 5 Km melalui jalan Adyaksa, jalan Ksatrian, Kombes Bambang Suprapto, jalan Overste Isdiman dan kembali ke Mako Rumkit Wijayakusuma.

Dandenkesyah 04.04.01 Purwokerto, Letkol Ckm Drg. Teguh Tri Widodo menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini guna untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-74, dengan mengambil tema Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju yang diikuti seluruh personel baik Denkesyah maupun Rumkit Wijayakusuma dan juga Persitnya”, terangnya.

Sementara itu, Karumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, Letkol Ckm dr. Markus Wibowo, Sp.OT, MARS, menyampaikan, pawai budaya dan kreativitas ini meliputi banyak ragam budaya daerah di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kali kedua yang diselenggarakan Rumkit Wijayakusuma dan lebih tematik dengan mengangkat nilai budaya daerah diseluruh wilayah Indonesia dengan konsep Ke-Bhinneka-an. Disamping itu, juga ditampilkan kreativitas masing-masing peserta sesuai bagian tugas personel bertugas di Rumkit.

Meskipun siang itu kondisi panas terik, karnaval aneka seni budaya khas daerah yang disajikan tersebut berlangsung meriah. Ribuan warga memadati sepanjang jalur karnaval untuk menyaksikan penampilan demi penampilan para peserta yang unjuk ketrampilan dan kemampuan dalam menampilkan setiap jenis seni budaya yang dipilih ataupun menjadi bidang masing-masing.

“Karnaval budaya dengan tema terfokus Ke-Bhinneka-an seperti ini bagus untuk pengembangan serta penguatan nilai kearifan budaya bangsa, terutama dalam merangsang pertumbuhan budaya kepada para generasi muda bangsa, agar budaya bangsa sendiri tidak luntur, hilang dan bahkan punah karena kontaminasi budaya asing,” sambungnya.

Karumkit menambahkan, ada 6 kelompok seni budaya yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Beberapa seni budaya yang tampil menonjol antara lain seni memakai pakaian khas daerah, serta berbagai kostum baik ditingkat pelajar dan mahasiswa serta kostum pewayangan yang dihias dengan berbagai macam dekorasi sesuai tema keinginan peserta.

“Semua dikemas untuk menampilkan karakter budaya daerah dan kreatifitas seperti ini diharapkan bisa menjadi etalase budaya yang ditampilkan secara terbuka dan digelar setiap tahunnya ke depan,” jelasnya.

Disamping itu, lanjut Karumkit. Kegiatan yang dilaksanakan ini selain untuk mempererat dan memperkokoh soliditas dan kebersamaan satuan, juga sebagai wahana memperkenalkan kepada khalayak umum masyarakat Purwokerto bahwa kami selalu siap melayani dengan tulus dan ikhlas menolong sesama.

(Didi-Penrem071)

Komentar