oleh

Kasdam III/Siliwangi Tutup Kegiatan TMMD 103 Kodim 0607/Kota Sukabumi

INILAHONLINE.COM, KABUPATEN SUKABUMI

Bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0607/Kota Sukabumi di wilayah Korem 061/Sk. Selasa (13/11/2018).

TMMD 103 kali ini dilaksanakan selama 30 hari dengan tema, “TNI Manunggal rakyat dalam mewujudkan Desa yang maju, sejahtera dan demokratis”.

Dalam sambutan Kasad yang dibacakan oleh Kasdam III/Slw menyampaikan, bahwa selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di setiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan.

Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan demontrasi bela diri Karate anggota Yonif 310/KK dan penampilan seni budaya pencak silat oleh siswa siswi SD dan SMP di wilayah Kecamatan Kadudampit serta ditutup dengan penampilan Barongsai.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan sasaran TMMD yang sudah diselesaikan yang meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan fisik yang dilaksanakan berupa pengaspalan jalan di Kp. Puncak manis Ds Sukamanis panjang 1.800 m lebar 2,5 m, pembangunan rabat beton panjang 925 m, lebar 1,2 m dan panjang 500 m, lebar 1,2 m, pembuatan tembok penahan tanah di 2 Lokasi dengan sasaran tambahan pembuatan MCK 3 Unit, pembangunan Posyandu 1 Unit dan rehab Posyandu 1 Unit, rehab masjid Jami At- Taqwa 1 Unit, pembangunan Rutilahu 7 Unit.

Sedangkan sasaran non fisik berupa, penyuluhan tentang keluarga berencana (KB), HIV, pengelolaan lingkungan hidup, keorganisasian Linmas, pertanian, perikanan, peternakan, pelayanan terpadu sistem rujukan, mitigasi bencana, ceramah keagamaan, pemberdayaan lingkungan pariwisata, hukum tentang kamtibmas dan narkoba dan wawasan kebangsaan.

Dalam kegiatan pengecekan hasil TMMD, Kasdam III/Slw yang didampingi Danrem 061/Sk Kolonel Inf Muhammad Hasan, Bupati Sukabumi yang diwakili Assda 1, Dansatgas TMMD 103 Dandim 0607/Kota Sukabumi beserta rombongan disambut oleh anak-anak sekolah dan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Salah satu masyarakat yang menyambut rombongan, bapak hasbi mengucapkan, “Sangat bersyukur dan berterimakasih kepada bapak TNI yang telah menjadikan desanya sebagai sasaran TMMD dan mewakili masyarakat saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak bapak TNI yang sudah bersama masyarakat membangun desanya, harapannya silahturahmi yang sudah ada tetap dapat terjaga meskipun TMMD, sudah berakhir,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan TMMD 103 ini, Kapok Sahli Kolonel Kav Dwi Hari Yoko, Ka Kudam III/Slw Kolonel Cku Hariyandi F, Ka Kumdam Kolonel Chk Martin Ginting, Pabandya Bakti TNI Mayor Inf Himawan, Kadisparbud Kabupaten Sukabumi, Dandim 0608/Cianjur, Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Dandim Danyonif 310/IKU, Danyonif 300/Raider, Danyon Armed 13/ Ngl, Kasipers dan Kasiter Korem 061/Sk.

(Penrem 061/Sk)

Komentar