oleh

Kasipersrem Wijayakusuma Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

INILAHONLINE.COM, BANYUMAS

Bertempat di Aula Jenderal Sudirman Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Kasipersrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Harton, S.Pd., berikan sosialisasi Sensus Penduduk (SP 2020) kepada prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya SP 2020 berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, kalau SP tahun sebelumnya menggunakan mekanisme yang dilakukan yaitu secara konvensional atau manual dimana petugas mendatangi ke rumah-rumah penduduk.

Sementara SP 2020 saat ini adalah sensus penduduk berbasis online. Para penduduk dapat secara mandiri melaporkan data kependudukannya melalui online. Dengan demikian fasilitas yang digunakan adalah gadget, telepon genggam, perangkat komputer atau laptop serta harus terkoneksi dengan internet.

Setelah melakukan penjelasan singkat, para peserta sosialisasi yang terdiri dari prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma mendapatkan arahan pengisian dengan perangkat yang ada serta mengikuti panduan yang ada dalam aplikasi SP 2020.

Dikatakan Letkol Harton, Sensus Penduduk 2020 dengan menggunakan sistem aplikasi yang baru memang terlihat seperti susah tetapi dengan mengikuti panduan maka pengisian data akan bisa dilakukan dengan baik dan simple”, terangnya.

“Sosialisasi yang kita lakukan di kalangan prajurit dan PNS ini, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti telepon genggam dan sebagainya”, sebutnya.

Dirinya berharap untuk selanjutnya pengetahuan pengisian data SP 2020 ini akan dapat ditularkan kepada rekan yang lain, serta juga dapat ditularkan kepada tetangga atau warga di lingkungannya.

Letkol Harton menerangkan, pengisian form data SP 2020 online ini berlangsung dari tanggal 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020, dan tindak lanjutnya pada Bulan Juli 2020 oleh petugas yang akan mendatangi rumah warga masyarakat.

(Didi)

Komentar