oleh

Kegiatan Musrembangdes Berlangsung di Desa Kampung Sawah

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Pemdes Kampung Sawah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) tahun 2019 guna penyusunan RKP Desa Tahun Anggaran 2020, dari pagu anggaran yang tersedia tahun 2019 mencapai sebesar 1,7 miliar, Pemdes Kampung Sawah memprioritaskan alokasi dana untuk pembangunan Rumah Layak Huni (Rulahu) bagi warganya, Rabu (24/7/2019)

Kepala Desa Kampung Sawah, Kecamatan Jayakerta, Adi Kurniadi, mengungkapkan bahwa setelah pada tahun anggaran 2019, Pemdes Kampung Sawah membangun tak kurang 30 unit Rulahu bagi warganya. Pada TA 2020 ia bertekad untuk membangun lebih banyak Rulahu bagi warganya yang tak mampu.

“Prioritas tahun 2020 itu pembangunan Rutilahu dan akan lebih banyak dari tahun 2019. Selain Rulahu prioritas pembangunan kami juga pada sarana pertanian bagi warga yang memang mayoritasnya itu petani,” ungkap Adi kepada Inilahonline.com, Rabu (23/7/2019) usai acara.

Sementara itu, Camat Jayakerta, Budiman Achmad yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan dalam menyusun RKPDes 2020, Pemdes terkait harus berdasarkan skala prioritas dan merujuk pada Pagu anggaran Indikatif.

“Sesuai jadwal tahapan dan sesuai Permendagri 114 tahun 2020 mulai bulan Juli Pemdes sudah harus mulai menyusun RKPDes yg akan dijadikan pedoman dalam menyusun APBDes 2020,” kata Budiman.

Ia berharap, melalui kegiatan Musrenbangdes tersebut masyarakat dapat merubah paradigma penyelenggaraan pemerintahan desa terutama dalam hal perencanaan pembangunan desa sesuai panduan regulasi yang ada saat ini.

“Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam seluruh tahapan tersebut, sehingga Pemdes mampu mengakomodir aspirasi kebutuhan masyarakat untuk dituangkan dalam RKPDes,” tandasnya.

(CJ/Kusnadi)

Komentar