Kejari Cirebon Berikan Edukasi Hukum Untuk Masyarakat

Berita, Hukkrim, Pantura307 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CIREBON

Tindak kejahatan dan bahaya narkoba di lingkungan masyarakat semakin meningkat untuk mengurangi tindak kejahatan dan bahaya narkoba Kejari Cirebon menggelar Sosialisasi sadar dan taat hukum di Area Kawasan Indocement Gempol, Pusat Penelitian Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P4M). Senin (9/3/2020)

Wahyu Oktavandi Kasih Intel Kejaksaan Kabupaten Cirebon mengatakan, Kejaksaan dibawah kepemimpinan Pak Kejari yang memerintahkan kepada saya untuk melakukan sosialisasi pencegahan sebagaimana presiden joko widodo memerintahkan upaya pencegahan,

Pencegahan itu bisa saja tindak pidana korupsi, tindak pidana umum lainnya inilah suatu metode saya untuk melakukan pencegahan kepada masyarakat kita kenalkan undang-undangnya kita kenalkan aturannya, kita kenalkan ancamannya sehingga nantinya masyarakat tahu,” jelasnya.

Dan juga mengenai hot isu yang terakhir ada di indonesia tadi kita juga telah berikan nomor call centernya kabupaten cirebon apabila ada masyarakat yang diindikasikan atau terserang virus corona kita tenangkan jangan tegang, jangan panik,” ucapnya.

 

Di tahun 2020 ini Kejari Cirebon akan menjelajahi semua kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon dengan mengikutsertakan masyarakat desa semua. Sebelumnya acara ini sudah dilakukan di empat titik, kecamatan Susukan, Ciwaringin, Palimanan, Gempol,” imbuhnya.

Wahyu menambahkan, di tahun 2020 dilakukan survei, penanganan perkara tindak pidana umum di polresta untuk tahun 2020 berapa kita bandingkan dengan di tahun 2019, apabila ada penurunan berarti ini berhasil dan kita tingkatkan.

Apabila sama saja atau ada peningkatan berarti metodenya harus kita ganti, kita survei, kita rubah lagi, apa kesalahannya kenapa kejahatan itu makin tinggi apa penyebabnya, maka kita harus cari tau sehingga kita dapat memberikan obat yang baik untuk mengatasi masalah-masalah tersebut,” paparnya.

Masyarakat sadar hukum sehingga tingkat kriminal yang ada di Kabupaten Cirebon khususnya dapat menurun,” ungkapnya.

Sementara itu, H. Iman Supriyadi Camat Gempol menyampaikan, dengan ada acaranya pembinaan taat hukum dari kejaksaan tinggi negeri kabupaten cirebon sangat memberikan nilai positif, kita juga memberikan apresiasi kepada kejaksaan yang intinya bisa bersilaturahmi dengan masyarakat dalam upaya masyarakat untuk sadar taat hukum.

Pembinaan ini adalah untuk fasilitasi bagaimana masyarakat bisa mengerti apa sih sebetulnya hukum itu, jadi hukum itu tidak perlu ditakuti lagi, bahkan dengan adanya pembinaan ini masyarakat lebih banyak tahu lagi,” ujarnya.

Permasalahan-permasalahan hukum yang ada tadi seperti adanya narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, human trafiking, kekerasan pada anak dan lain sebagainya,” jelasnya.

Edukasi dan sosialisasi ini harus nyampe ke masyarakat yang diharapkan oleh kita, agar betul-betul masyarakat Kecamatan Gempol ini betul-betul bisa bersehati, satu sama lain bisa saling mengerti, saling mengawasi, saling memberikan informasi,” ungkapnya.

(Safii Alfansa)

banner 521x10

Komentar