Kejari Kota Bogor Tetapkan 1 Tersangka Kasus Dugaan Penyelewengan Dana BOS

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor menetapkan seorang tersangka kasus dugaan penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kota Bogor Tahun Ajaran 2017 sampai 2019.

“Kami telah menetapkan satu orang tersangka yang merupakan kontraktor penyedia soal untuk tryout dan ujian tengah semester, ujian akhir sekolah (UAS) tingkat sekolah dasar (SD)”, kata Kepala Kejari Kota Bogor, Bambang Sutrisno kepada saat Konferensi Pers, Senin (13/7/2020) sore.

Menurut Kejari, dengan adanya korupsi ini menyebabkan negara yang sudah dihitung inspektorat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebesar Rp17,2 miliar. Kasus ini sempat mencuat tahun 2018 lalu, namun sempat tak ada kabar berita

“Pada awal Januari lalu penyelidikan dimulai. Kemudian, kasus dilanjut penyidikan pada Februari lalu. Namun karena pandemi Covid-19, penyidikan terhenti lagi, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, meski penyidikan sempat terhenti, namun pemeriksaan saksi terus dilanjut. Lebih 20 saksi sudah diperiksa penyidik. Sambil menunggu inspektorat dari Kemendikbud selesai menghitung kerugian negaranya.

“Jadi pada sore ini, kita sudah menetapkan tersangka dengan inisial JRR. Dan tadi tersangka baru mengembalikan kerugian negara sebesar Rp100 juta dan sudah kami sita,” imbuhnya. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar