oleh

Kelurahan Kertamaya Bogor Selatan Kini Miliki SPALD-T Skala Permukiman

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) skala permukiman pada program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Islamic Development Bank (IDB) di Kp Margabakti, RT 002/RW003, Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (29/01/2019) siang.

SPALD-T merupakan sistem pengelolaan air limbah yang dapat digunakan oleh 70-100 KK, dimana 1 KK terdiri dari 4 jiwa. SPALD-T ini biasanya dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang meliputi pembangunan MCK kombinasi dan IPAL permukiman.

Dalam sambutannya, Sekda yang mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya itu menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap pemerintah pusat dalam menjalankan program Sanimas, khususnya yang berada di wilayah Kota Bogor. Menurut Ade, program Sanimas sejalan dengan visi dan misi Kota Bogor yang ingin mewujudkan kota sehat dan ramah bagi keluarga.

“Sanitasi adalah impian kami, karena kami ingin mewujudkan Kota Bogor yang sehat dan ramah bagi keluarga. Ketika kita sehat, bukan hanya sekedar sehat fisik, tetapi batiniah
kita. Pada kesempatan berbahagia ini saya berterimakasih kepada pemerintah pusat dalam membantu berbagai program kegiatan yang ada di Kota Bogor,” ungkap Ade di lokasi peresmian SPALD-T di Kp Margabakti, siang.

Ade berharap program sanimas ini dapat terus berjalan ke seluruh wilayah di Kota Bogor yang tersebar di 68 Kelurahan dan 6 Kecamatan ini. Dia juga sangat mendukung program Sanimas ini lantaran dalam perencanaan hingga pelaksanaannya melibatkan masyarakat.

“Semoga program Sanitasi ini akan terus dilaksanakan ke setiap daerah-daerah, berjalan dan bermanfaat dengan baik. Saya sangat suka dengan program sanitasi ini karena masyarakat sebagai aktor utama ikut dilibatkan dalam perencanaan, pembangunan, operasionalnya dan yang terpenting dalam pemeliharaannya,” tegas Ade.

Penyelenggaraan pengelolaan air limbah domestik ini bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan air limbah domestik yang ramah lingkungan, sehingga tercapai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik dan sehat.

Dalam kesempatan itu hadir pula Konsultan Tenaga Ahli Manajemen Kota (TAMK) Cipta Karya Bahtiar Saleh, Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor Lorina Damastuti, perwakilan pejabat dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor dan para pejabat di wilayah.

(ian Lukito)

Komentar