oleh

Kementerian Komunikasi dan Informatika Melauching Layanan Internet Bagi UMKM

INILAHONLINE.COM, MAGELANG – Guna memberikan pelayan internet bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Direktorat Pengembangan Pitalebar, Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, melaunching atas terlaksananya kegiatan Program Bantuan Pemerintah Penyediaan dalam penyediaan layanan Akses Internet Fixed Broadband dengan jaringan akses Fiber Optik.

Launching layanan internet dilakukan secara bersamaan di 39 desa di wilayah Provinsi Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali dan NTB. Launching dilakukan secara virtual oleh Direktur Pengembangan Pita Lebar, Kementerian Komunikasi dan Informatika, RI Marvels Situmorang, Kamis (30/6-2022).

Sedangkan Launching penyediaan layanan Akses Internet Fixed Broadband dengan jaringan akses Fiber Optik. di Jateng, berlangsung di Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin S.IP bersama Singgih Yuniawan Koordinator Infrastruktur Telekomunikasi Pita Lebar pada Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyatakan, layanan Akses Internet Fixed Broadband dengan jaringan akses Fiber Optik, Kabupaten Magelang mendapat 247 titik yang terbagi di 3 desa, yaitu Desa Borobudur Kecamatan Borobudur, Desa Tuksongo Kecamatan Borobudur, dan Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar.

“Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, tentunya para pelaku industri dituntut harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, sehingga manajemen yang adaptif, responsif dan efektif diperlukan dalam mengelola industri kreatif, salah satunya dengan menggunakan layanan akses internet,” kata Zaenal.

Hadirnya program layanan akses internet ini, menjadi salah satu vitamin kehidupan bagi pelaku industri UMKM di Kabupaten Magelang maupun di daerah lainnya, setelah 2 tahun lebih dalam kondisi terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang melanda negeri.

“Saya berharap kepada para pegiat UMKM, sepatutnya mensyukuri atas diterimanya bantuan ini, serta terus mendorong dan mengembangkan usaha yang dijalaninya secara tekun dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki, yang pada akhirnya, bisa membangun keterhubungan antar-warga dalam ekonomi pasar,” ujarnya.

Koordinator Infrastruktur Telekomunikasi Pita Lebar pada Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo. Singgih Yuniawan menjelaskan, Layanan akses internet ditujukan untuk mendukung peningkatan ekonomi UMKM dan desa destinasi pariwisata. Sasaran lokasi penerima bantuan adalah desa yang belum terjangkau jaringan fiber optik atau belum terlayani layanan internet dengan jaringan akses fiber optic.

Pada tahun 2022, Direktorat Pengembangan Pitalebar, Kementerian Kominfo telah memberikan bantuan pemerintah dalam penyediaan layanan akses internet tidak berbayar selama 6 (enam) bulan di 39 Desa, dimana jumlah penerima bantuan adalah sejumlah 1.837 satuan sambungan layanan yang terdiri dari 1705 untuk UMKM dan 132 untuk Fasilitas Umum. Dalam menyediakan layanan internet tersebut melibatkan 14 ISP (Internet Service Provider).

Untuk mendorong peran BUMDES, dalam acara launching ini, dilakukan pula penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara operator penyedia layanan (Internet Service Provider) dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk bersama-sama melaksanakan kerjasama bisnis (B2B) terkait pemasaran dan pengelolaan layanan setelah masa bantuan berakhir. (ali subchi)

Komentar