Kementerian Pariwisata Apresiasi Helaran Seni Budaya Pemkot Bogor

12/08/2018 18:06:58 Kategori: , ,

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Digelarnya Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias yang dihelat sebagai puncak acara perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 563, Minggu (12/8/2018), mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Pariwisata RI.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Tim Pelaksana Indonesia's Calendar of Events 2018 Kemenpar Mumus Muslim.

“Kemenpar memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Bogor yang telah menyelenggarakan kegiatan Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias ini yang merupakan agenda tahunan dilakukan Pemkot,” ungkap Mumus di sela acara yang dipusatkan di kawasan Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Menurut dia, diberikannya apresiasi untuk Pemkot Bogor ini karena tentu kegiatan ini bagi Kemenpar sangat membantu di dalam menunjang program pemerintah khususnya sektor pariwisata.

“Bapak Presiden telah menetapkan target bahwa 2019 harus mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebanyak 20 juta orang. Kemudian, 275 juta orang melakukan pergerakan wisata nusantara. Hal ini tidak mungkin Kemenpar mencapai target tersebut tanpa ada dukungan seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah daerah,” jelasnya.

Mumus menambahkan, Helaran Seni Budaya yang dilakukan Pemkot Bogor ini memang sangat populer untuk menjadi daya tarik wisatawan mancanegara seperti di wilayah Indonesia lainnya. “Karena berdasarkan catatan kami, berbicara pariwisata ada yang namanya alam, budaya dan buatan. Di mana wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mereka selalu mengunjungi yang namanya wisata budaya,” kata dia.

“Tentu harapan kami dengan adanya helaran ini wisatawan akan datang ke Kota Bogor apalagi lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya, Istana Bogor, dan juga ada Museum Kepresidenan Balai Kirti. Itu memang salah satu yang cukup disenangi wisatawan mancanegara,” tambahnya.

Selain apresiasi, Kementerian Pariwisata juga mengumumkan bahwa Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias KOta Bogor juga sudah masuk ke dalam salah satu kalender agenda nasional kementerian.

“Dari 3.000 event yang ada di nusantara itu hanya 100 kalender event yang sudah kami masukan sebagai agenda besar tahun yang terdaftar di kalender event kami. Dan kami berharap, helaran seni budaya ini bisa menjadi motivasi bagi teman-teman seniman dan budayawan di Kota Bogor untuk menampilkan yang terbaik,” pungkasnya. (Agha Dwi)