oleh

Kementerian PUPR Beri Bantuan Dua Eskavator untuk Penanganan Pemulasaran Covid-19 di Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) memberikan bantuan dua unit alat berat pengeruk tanah atau eskavator untuk perbantuan pemulasaraan jenazah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Bantuan tersebut diserahkan langsung Kementerian PUPR kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan disaksikan langsung Anggota Komisi VII DPR-RI, Eddy Soeparno di TPU Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (28/7/2021) sore.

“Sejak beberapa bulan terakhir, ada 381 jenazah yang dimakamkan di TPU Covid. Khususnya yang utama di TPU Situ Gede, Kayu Manis dan Mulyaharja. Tetapi yang paling besar di Kayu Manis dan Situ Gede,” jelas Dedie.

Dengan bantuan eskavator ini, sambung Dedie, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga sedang mempersiapkan TPU untuk jenazah covid Non-Muslim dengan luas 1 Hektar di Situ Gede. Dengan bantuan ini pula, penanganan pemulasaraan bisa lebih efisien.

“Dan mudah – mudahan nanti dengan bantuan eskavator dari kementerian ini bisa membantu keseluruhan program di tengah pandemi. Ucapan syukur terima kasih kepada kementerian dan Pak Eddy Soeparno yang telah memfasilitasi, semoga kebaikannya dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT,” ucap Dedie.

Ditempat yang sama, Kepala BBWSCC Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bambang Heri Mulyono mengungkapkan, bantuan ini merupakan instruksi langsung dari Menteri PUPR kepada Kota Bogor.

Terutama untuk terus mendukung kegiatan yang sifatnya kemanusiaan. Apalagi yang berkaitan dengan masalah penanganan Covid-19.

“Kementerian PUPR sendiri sekarang juga gencar untuk menyiapkan lokasi – lokasi isolasi mandiri di seluruh Indonesia. Jadi seluruh balai yang ada di daerah itu sekarang diminta untuk menyiapkan lokasi – lokasi untuk isolasi mandiri,” kata Bambang.

Bantuan ini tentu diharapkan Bambang, bisa memberikan manfaat untuk Kota Bogor. Terutama bisa menjadi ladang amal bagi semua pihak yang terkait dalam penanganan Covid-19.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR – RI, Eddy Soeparno mengatakan, dua unit eskavator ini merupakan realisasi dari janjinya saat mengunjungi TPU Situ Gede didampingi Wakil Wali Kota Bogor untuk melihat proses pemulasaraan disana, tepatnya sepekan yang lalu.

“Ada over kapasitas yang sangat tinggi di sini, terutama para petugas pemakaman di TPU. Nah, mereka kemudian menyampaikan sebuah keinginan dan aspirasi untuk mengganti eskavator yang tidak bisa bekerja maksimal,” ungkapnya.

Setelah melihat fakta di lapangan tersebut, Eddy melalui aktivitas legislasinya di tingkat pusat, berupaya untuk merealisasikan keinginan tersebut. Hingga akhirnya, Kementerian PUPR yang responsif segera mewujudkan hal tersebut.

“Terima kasih karena tanggap dan bisa memberikan bantuan yang diperlukan di Kota Bogor. Serta meringankan beban saudara – saudara kami yang tidak henti – hentinya siang dan malam untuk memakamkan saudara kami yang wafat karena Covid-19,” sambung Eddy.

Eddy berharap, bantuan eskavator ini bisa menjadi awal silaturahmi yang baik. Pemkot Bogor juga diharapkan Eddy bisa tetap menjaga amanah bantuan alat berat ini dengan melakukan pemeliharaan dengan baik.

Dalam penyerahan bantuan ini, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Dirut Perumda Tirta Pakuan, Kepala Pelaksana BPBD, Camat Bogor Barat dan juga Lurah Situ Gede.(ian Lukito).

Komentar