oleh

Kemkominfo Rilis Chatbot Akun Interaktif WA Bernama “covid19.go.id”

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Kementerian Komunikasi dan Informatika pekan ini akan merilis akun interaktif dengan chatbot di platform aplikasi pesan WhatsApp untuk memberikan informasi seputar pandemik virus corona baru (COVID-19).

Chatbot ini akan mulai digunakan pada Jumat (20/3) sore dan malam hari. Chatbot atau chatterbot adalah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih banyak manusia secara teks, dan bisa juga via audio.

“Bekerja sama dengan Facebook, WhatsApp dan Telkom Group, membangun chatbot di WhatsApp dengan nama akun “covid19.go.id”,” ujar Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam konferensi pers streaming di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Kominfo berjanji akan mempublikasikan nomor untuk akun tersebut secepatnya. Lewat akun tersebut, masyarakat bisa memperoleh informasi soal virus corona dan penyakit COVID-19 lewat interaksi dengan chatbot.

Konten-konten yang dipublikasikan lewat platform tersebut berasal dari BNPB dan Kementerian Kesehatan. Menurut Johnny, saat ini hanya dua negara yang menggunakan platform interaksi WhatsApp, yaitu Indonesia dan Singapura.

Pada konferensi tersebut, pemerintah mengatakan sudah berkoordinasi dengan operator seluler agar tidak mengenakan biaya dan kuota saat mengakses situs resmi pemerintah untuk pandemik virus corona covid19.go.id, serta call center 119 dan 117.

Kominfo menetapkan nomor baru pelayanan darurat 117 bebas pulsa yang secara eksklusif digunakan BNPB.

(Piya Hadi)

Komentar