Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor Lantik Panitia Ajudikasi PTSL 2018

Megapolitan1230 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor melantik Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistimatis Langsung (PTSL) dan menerbitkan Surat Keputusan mengenai Susunan Tim Panitia Ajudikasi PTSL Tahun 2018 yang menargetkan 2500 bidang sebagai tindak lanjut pensertipikatan gratis dengan target 80 ribu tanah milik warga di wilayah Kabupaten Bogor yang belum bersertipikat.

Selain itu, keputusan tersebut meliputi satuan tugas fisik dan satuan tugas yuridis percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistimatis lengkap desa Jasinga, Pamagersari Kecamatan Jasinga, desa Kuripan, Cibentang, Parigi Mekar, Babakan, Cibeuteung Muara, Ciseeng, Cibeuteung Udik, Karihkil Kecamataan Ciseeng, desa Argapura, Cintamanik, Bunar, Cigudeg, Mekarjaya, Wargajaya Kecamatan Cigudeg, desa Gunung Sindur, Pabuaran Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Agustyarsyah, Panitia Ajudikasi PTSL bertugas melaksanakan dan menyelesaikan pelaksanaan percepatan PTSL secara tertib, lancar, tepat waktu dan bertanggungjawab serta akuntabel, dengan dibantu oleh Satuan Tugas (Satgas) Fisik, Satgas Yuridis. Adapun sumber pendanaan pelaksanaan percepatan PTSL ini berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2018.

“Saya sangat berharap agar PTSL tahun 2018 ini akan lebih baik dari PTSL 2017, karena untuk tahun 2017 kita sudah berhasil memberikan 15 ribu sertipikat kepada pemiliknya dihadapan bapak Prsesiden. Bahkan kami mengundang lebih dari 15 ribu lebih warga untuk menerima sertipikat yang diserahkan langsung oleh Bapak Presiden beberapa waktu lalu di Sentul Bogor. Ini sangat luar biasa,” ujar Agustyarsyah.

Lebih lanjut Agustyarsyah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kepala Desa, Lurah dan Camat yang telah berhasil menghadirkan 15 ribu warganya dengan waktu cukup singkat dalam kegiatan penyerahan sertipikat oleh bapak Presiden. “Untuk itu, saya minta kepada pak Budi Kristiyana selaku Direktur PTSL untuk menyampaikan kepada seluruh ketua tim, pak Camat khususnya, Kepala Desa dan Lurah, bahwa kita harus menyelesaikan 2500 sertipikat dibulan April 2018 ini,” tandasnya.

Selain itu, Agustyarsyah bahkan merasa yakin bahwa pada bulan April ini pihaknya mampu menyelesaikan 2500 sertipikat. Strateginya adalah, pada saat minggu pertama 1 April atau pada akhir Maret 2018 ini sudah selesai pengumuman, dan pada minggu ini pula pihaknya sudah bisa melakukan kegiatan input 2500 bidang dalam sistem dan bisa selesaikan lolos fisik. Karena PTSL 2018 ini berbeda dengan PTSL 2017 sebelumnya, karena PTSL 2017 lalu kita mencari bidang, tapi PTSL 2018 ini kita cari jumlah yang diukur dan dipetakan.

“Startegi yang kita pakai untuk mencapai 2500 bidang, yaitu sisir pengkuran dan sisir pengumpulan data yuridis ditempat padat penduduknya yang tanahnya banyak yang belum sertipikat,” imbuh Agus.

Dalam pelantikan Panitia Ajudikasi PTSL yang dilakukan di halaman Kantor Pertanahn Kabupaten Bogor itu, dikuti para Ketua, Sekretaris Tim, Anggota Tim dan mengundang para Camat, Kepala Desa dan Lurah yang wilayahnya terkena program PTSL 2018. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar