Ketum SMSI Pusat Bangga Kepada SMSI Jabar

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Ketua Umum (Ketum) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat mengaku bangga dan terharu dengan SMSI Jawa Barat. Pasalnya SMSI Jawa Barat (Jabar) adalah organisasi kami yang paling aktif, paling tidak tahun ini sudah mengadakan Rakerda yang kedua dan untuk pertama kalinya merupakan SMSI Cabang di provinsi yang sudah mengangkat atau mendelegasikan kewenangannya ke daerah, yakni dengan membentuk SMSI di wilayah Bogor dan Cirebon.

“SMSI Bogor dan Cirebon merupakan SMSI daerah di Kabupaten dan Kota yang telah dibentuk dan dilantik kepengurusannya oleh SMSI Cabang Provinsi Jawa Barat,” ujar Ketum SMSI Pusat, Auri Jaya dalam sambutannya ketika membuka Rakerda SMSI Jabar ke 2 Tahun 2019, di El Royal Hotel, Bandung, Rabu (27/3/2019)

Menurutnya, dengan dibentuknya SMSI Daerah, diharpkan dapat memajukan bisnis perusahaan media online secara benar. Karena membuat media online itu mudah., tapi tidak mudah untuk mengembangkannya. Hal itu disebabkan, selain butuh modal juga diperlukan semangat dari setiap jurnalis dan orang – orang yang terlibat dalam media online tersebut.

“Media online harus terverifikasi oleh Dewan Pers. Salah satu ketentuannya adalah, media online harus berbadan hukum berbentuk PT khusus perusahaan Pers media online atau portal berita dan tidak boleh dicampur aduk oleh usaha lainnya,” papar Auri Jaya.

Dalam Rakerda SMSI Jabar 2019 yang bertajuk “Tantangan dan Peluang Media Siber di Era Industri 4.0”, diharapkan SMSI bisa menjadi konstituen Dewan Pers untuk bisa memverifikasi anggotanya. “Kita tetap berkoordinasi dengan Dewan Pers, hanya saja SMSI yang melakukan penilaian terhadap anggotanya,” pungkasnya.

(Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar