oleh

Kini Argo Parahyangan Gunakan Kereta Eksekutif New Image

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Pelanggan setia Kereta api Bandung-Jakarta atau sebaliknya lebih dimanjakan dengan hadirnya rangkaian KA Argo Parahyangan New Image. Berbeda dengan KA Parahyangan sebelumnya, Argo Parahyangan New Image ini memiliki tampilan full silver karena terbuat dari stainless steel buatan PT INKA.

Direktur Keselamatan dan Kemanan merangkap Direktur Komersial dan TI KAI Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, melihat lonjakan penumpang relasi Bandung-Jakarta maupun sebaliknya, KAI melakukan penambahan 4 perjalanan KA Argo Parahyangan.

“Ini semata untuk meningkatkan pelayanan keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang KA” kata Apriyono, saat peluncuran KA Argo Parahyangan New Image di Stasion Bandung, Kamis siang (1/3/2018).

Menurutnya, KAI memperkirakan volume rata-rata penumpang kereta Argo Parahyangan akan naik 15,3 persen, semula rata-rata 10.432 orang penumpang per hari menjadi 12.032 orang per hari.

“Kami berharap rangkaian baru KA Argo Parahyangan ini sebagai salah satu alternatif moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat yang bepergian pada relasi Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Fasilitas pada rangkaian KA baru tersebut terus kami tingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna jasa KAI,” ujar Apriyono.

Ia mengatakan, rangkaian yang digunakan untuk KA Argo Parahyangan merupakan armada baru dengan bodi stainless steel yang lebih tahan karat dan cat stripping yang minimalis.

“Berbeda dengan bahan yang selama ini dipakai KAI, yakni mild steel. Kereta produksi PT Inka tersebut adalah bagian dari program regenerasi sarana kereta yang sudah tua,” ungkapnya.

Dari sisi interior dan fasilitas dalam KA juga berbeda. Selain kursi yang lebih nyaman dan sandaran kaki yang fleksibel, dalam satu kereta/gerbong juga memiliki 2 toilet.

“Kereta ini berkapasitas penumpang sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian (trainset), yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit. Ada dua toilet, 4 TV lebar, tanda jalur evakuasi dan fasilitas earphone” jelas Apriono.

PT KAI sendiri sudah memesan 438 kereta/gerbong ke PT INKA untuk menambah volume perjalanan baik di Jawa maupun Sumatera. (Hilda)

Berikut jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru :

  1. No KA KP/11232 Relasi Gambir–Bandung–Kiaracondong berangkat pukul 06:15 WIB tiba di Bandung pukul 09:54 WIB dan di Kiaracondong pukul 10:13 WIB.
  2. No KA KP/11161 Relasi Kiaracondong–Bandung–Gambir berangkat dari Kiaracondong pukul 12:45 WIB, Bandung Pkl. 13.05 WIB dan tiba di Gambir Pkl. 16.39 WIB.
  3. No KA KP/11234 Relasi Gambir–Bandung berangkat pukul 17.02 WIB tiba pukul 20:19 WIB.
  4. No KA KP/11163 Relasi Bandung–Gambir berangkat pukul 20.50 WIB tiba pukul 00.21 WIB.
banner 521x10

Komentar