KMN UGM dan INI Yogyakarta Gelar Seminar Nasional

Berita, Jawa Tengah578 Dilihat

INILAHONLINE.COM, YOGYAKARTA

Keluarga Mahasiswa Notariat Universitas Gajah Mada (KMN – UGM) Dan Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengurus Wilayah (Pengwil) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Seminar Nasional dengan tema “Peran Notaris Dalam Penanaman Modal Asing Di Era Pasar Bebas” di Alana Convention Center Yogyakarta, Sabtu (16/3)

Ketua Umum KMN UGM, Miftahur Rachman, SH didampingi Wakil Ketua KMN UGM, Anas kepada inilahonline.com menjelaskan, seminar yang digelar sehari penuh ini menghadirkan sejumlah nara sumber berkompeten dalam bidangnya terkait kenotariatan. Selain itu, kegiatan yang diikuti oleh peserta dari luar Yogyakarta ini, juga merupakan salah satu program kerja kegiatan KMN UGM tahun 2019.

“Kami juga mengundang sejumlah nara sumber dari para akaemisi, praktisi dari INI, BKPM serta para dsen Program Pascasarjana Kenotariatan UGM,” ujarnya.

Menurutnya, notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana diatur dalam Undang Undang nomor 30 tahun 2004. Pejabat umum ini adalah orang yang menjalankan fungsi publik dari negara, khususnya di bidang hukum perdata.

“Kebanyakan orang mengenal notaris untuk pembuatan akta tanah. Padahal notaris memiliki peran yang sangat luas, karena semua kegiatan hukum perdata tidak akan terlepas dari peranan notaris, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Miftahur, peran notaris sangat diperlukan antara lain bidang pasar modal, terutama dalam hubungannya dengan penyusunan anggaran dasar para pelaku pasar modal, seperti emiten, perusahaan publik, perusahaan efek, dan reksadana, serta pembuatan kontrak-kontrak penting, seperti kontrak reksadana, kontrak penjaminan emisi, dan perwaliamanatan.

“Untuk menjamin keaslian dan kepercayaan para pihak, pengesahan dari notaris menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan seminar ini, kami berharap para peserta mendapatkan ilmu dan wawasan mengenai peran notaris dalam asar modal, khususnya para mahasiswa,” imbuhnya.

Keynote Speaker dalam Seminar Naional tersebut, Ketua Pengurus Pusat (PP) Ikatan Notaris Indonesia (INI), Yualita Widyadhari, SH, M.Kn.

(Ocky Harmonianto)

banner 521x10

Komentar