oleh

Kolaborasi Kemanusiaan Hiswana Migas-ACT DIY untuk Bantu Penanggulangan Bencana Alam

INILAHONLINE.COM, BANTUL

Sebagai wujud kepedulian terhadap tanggap bencana yang tengah melanda tanah air. Hiswana Migas DIY bersama Aksi Cepat Tanggap DIY menggelar serah terima bantuan kemanusiaan di Kantor Hiswana Migas DIY, Kamis (4/3).

Melalui Bendahara Umum Hiswana Migas DIY, Iwan Budiwanto menjelaskan donasi yang terkumpul sebesar Rp 50.000.000 tersebut merupakan hasil penggalangan kepedulian bersama pengusaha-pengusaha Hiswana Migas DIY, untuk selanjutkan akan salurkan melalui ACT untuk program-program kemanusiaan pemulihan bencana di tanah air khususnya Gempa Bumi di Sulawesi Barat.

“Semoga melalui dana bantuan dari Hiswana Migas ini bisa bermanfaat untuk memulihkan saudara-saudara kita di Sulawesi Barat, yang terdampak Gempa Bumi beberapa waktu lalu,” ungkap Iwan.

Lebih spesifik Iwan juga menjelaskan bahwa dari dana kepedulian yang terkumpul sebesar 50 juta tersebut, 35 juta akan dipergunakan untuk pembangunan masjid permanen di Mamuju, Sulawesi Barat, serta sisanya 15 juta akan dipergunakan untuk pengadaan Tenda Pleton Emergency, yang nantinya akan dipergunakan para relawan MRI-ACT saat giat aksi-aksi kemanusiaan.

Sementara itu Kepala Cabang ACT DIY, Zainul Muttaqin menyebutkan, kondisi terkini masyarakat di Sulawesi Barat tengah memasuki fase pemulihan, kebutuhan paling penting dimasa pemulihan adalah pembangunan secara masif rumah semi permanen untuk dapat segera merelokasi masyarakat terdampak gempa yang sebelumnya masih menempati tenda-tenda karena rumahnya telah hancur karena gempa.

“Saat ini sudah dalam proses pembangunan Family Shelter dan Integrated Community Shelter (ICS) di beberapa titik di Majene dan Mamuju, bertahap juga akan dibangun fasilitas permanen seperti masjid dan rumah untuk memulihkan kondisi sosial ekonomi masyarakat,” ungkap Zainul.

Melalui kolaborasi kemanusiaan yang telah terjalin antara Hiswana Migas DIY dan ACT DIY tersebut, Zainul berharap spirit kedermawanan untuk membantu korban bencana alam di tanah air terus digiatkan, agar dampak bencana alam yang tengah melanda tanah air segera teratasi. (CJ/Nasrudin – ACT DIY)

Komentar