oleh

Kompetisi Galakarya Digelar Diseluruh Indonesia

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Kompetisi sepak bola antar karyawan seluruh Indonesia 2019 bakal digelar mulai tanggal 22 Juni sampai dengan 21 Juli mendatang. Pertandingan yang diperuntukkan bagi karyawan swasta maupun BUMN dan BUMD seluruh Indonesia dilaksanakan 32 pertandingan untuk memperebutkan uang pembinaan cukup besar.

”Tim peserta adalah klub karyawan perusahaan swasta, BUMN atau BUMD yang telah lolos verifikasi administrasi.Selain itu, pemain adalah karyawan yang memiliki ikatan kontrak atau permanen berusia 20-40 tahun,”ujar Ketua panitia Deddy Tri Raharjo kepada Inilahonline.com di Semarang, Kamis (21/2/2019).

Ia menjelaskan,pekerja atau karyawan harus sehat dan bugar yang pada akhirnya menjadi pekerja yang produktif. Namun sepakbola sebagai salah satu cabang olahraga yang juga bisa memperkuat kebersamaan, persaudaraan, memperkuat jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, memperkuat ke Bhineka Tunggal Ika-an, meningkatkan ketahanan sosial, mempererat hubungan industrial antar perusahaan.

”Sepakbola perlu bagi para pekerja/karyawan karena bisa memperkuat iklim kondusif dilingkungan perusahaan, disamping bisa melahirkan atlet sepakbola potensial,”paparnya.

Namun demikian, menurutnya, yang melatar belakangi lahirnya Galakarya ( Liga Sepakbola Karyawan) adalah banyaknya pemain amatir galakarya yang menjadi tulang punggung Tim Nasional Indonesia.

”Yang jelas pada tahun 1970 ada sebuah kompetisi yang terdiri atas perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, diantaranya PLN, Pertamina, PDAM, Bea Cukai, bank BNI dan perusahaan cat PT Warna Agung.”

Dijelaskan, dalam pertandingan yang menggunakan sistem setengah kompetisi ini, teknisnya dibagi menjadi enam wilayah zona regional yang dibagi menjadi delapan group. Dari juara group ini menjadi delapan besar, setelah lolos semifinal dan final nasional.

Sedangkan babak kualifikasi regional terbagi regional 1 meliputi Sumatera, regional 2 meliputi Jawa, regional 3 meliputi Bali, NTT dan NTB, regional 4 meliputi Kalimantan, regional 5 mel;iputi Sulawesi, regional 6 meliputi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Grup A terdiri dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi.

Grup B terdiri dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kepulauan Riau. Grup C teridiri dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur. Grup D terdiri dari Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat. Grup E terdiri Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. Grup F terdiri Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat. Grup G terdiri Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo. Grup H terdiri Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

”Bagi perusahaan-perusahaan swasta dan BUMD dan BUMN yang mepunyai klub sepkbola diharapkan segera mendaftar yang dimulai tanggal 4 – 28 Februari 2019,”ujar Deddy.

Mengenai pelaksanaan pertandingan menurutnya, akan dilaksanakan Kick Off tanggal 18 Maret 2019, namun untuk pelaksanaan Zona Provinsi tanggal 26 April sampai 4 Mei 2019 dan 15 Juni sampai 3 Agustus 2019. Bagi zona regional dilakukan 18-31 Agustus 2019, tapi untuk delapan besar dan final nasional dilaksanakan 1- 9 September 2019.

”Untuk babak delapan besar dan final nantinya akan dillaksanakan di Stadion Batakan Balikpapan Kalimantan Timur,”pungkasnya.

(Suparman)

Komentar