oleh

Kompi Kawal Indonesia – Sri Lanka Gelar Patroli Bersama di Daerah Misi

INILAHONLINE.COM. LIBANON

Kompi Pengawal Indonesia (Force Protection Company – FPU) dan Kompi Pengawal Sri Lanka (Force Protection Unit – FPU) menggelar patroli kendaraan tempur bersama di area luar Markas Besar UNIFIL, Rabu, (17/3/2021)

Kegiatan patroli bersama ini merupakan amanat dari hasil rapat bersama antara Kompi Indonesia dan Sri Lanka di bawah naungan Detasemen Markas Force Headquarters Support Unit (FHQSU) UNIFIL. Kedua Kompi sepakat untuk selanjutnya melaksanakan patroli kendaraan tempur dan kendaraan ringan bersama pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Patroli bersama kedua negara ini dipimpin Kolonel Inf Nurul Yakin selaku Komandan Satgas FHQSU yang membawahi dua kompi pengawal FPU Srilanka dan Indonesia.

Di sela-sela patroli, Kolonel Inf Nurul Yakin menyampaikan bahwa patroli bersama ini memiliki beberapa tujuan strategis, diantaranya dalam rangka menyamakan doktrin, taktik, teknik dan prosedur pengamanan sesuai standar PBB dalam hal ini UNIFIL. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan di luar perimeter Markas Besar UNIFIL serta untuk semakin memperkuat hubungan emosional antar prajurit kedua negara.

“Selama ini, prajurit dari kedua kompi telah memiliki hubungan yang baik dan selalu bahu membahu serta bekerjasama dalam melaksanakan pengamanan Markas Besar UNIFIL secara komprehensif meskipun dilakukan secara terpisah sesuai sektor pengamanan masing-masing,” tambah Dansatgas.

Dalam kesempatan terpisah, Deputy Force Komander (Wakil Panglima) UNIFIL, Brigjen Irvine Nii- Ayitey Aryeetey menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas inisiatif dan terlaksananya kegiatan ini, bahkan merencanakan untuk dapat bergabung dan memimpin langsung pelaksanaan patroli bersama di lain kesempatan.(Hariyadi)

Komentar