Komunitas Perempuan Berkebaya Lincah Ikuti Senam Aerobic

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Puluhan perempuan baik remaja , dewasa hingga orang tua, Minggu (24/11-2019), mengikuti senam aerobic dalam acara Car Free Day (CFD) di GOR Samapta, Kota Magelang. Yang menarik, para wanita ini, justru mengenakan kostum kebaya lengkap dengan kain.

Meski menggun kebaya, jarit dan sepatu sport, namun gerakan mereka penuh semangat dan tetap lincah. Apalagi dipandu instruktur senam yang cukup kondang di Magelang, Yulis. Peserta aerobik tetap lincah mengikuti gerakan-gerakan senam yang dinamis.

Panitia CFD, Jangasef Amani mengatakan, senam aerobic sudah menjadi agenda rutin setiap minggu. Adanya senam ini, justru menjadi daya tarik bagi masyarakat untuj datang ke CFD, sehingga warga bisa berbondong-bondong datang untuk olah raga, sekaligus belanja.

Untuk itu, lanjutnya, senam yang berlangsung cukup istimewa, karena para peserta mengenakan pakaian kebaya. “Sedangkan untuk bapak-bapak tetap biasa mengenakan kaos di padu training,” imbuhnya.

Senam berkebaya ini, diprakarsai ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Kota Magelang, Wilujeng Isnoniati, direktur PT Baja Persada. “Dia pula yang menyediakan berbagai macam doorprice barang-barang elektronik,” katanya.

Kegiatan CFD, panitia selalu memberikan kejutan-kejutan, sehingga CFD GOR Samapta semakin menarik. Panitia akan terus berusaha menggandeng berbagai pihak agar ada event yang di gelar.

Dengan event, maka otomatis banyak warga yang berkunjung, sehingga warga yang berjualan menerima imbasnya. “Dagangan mereka menjadi laku dan laris,” ucap Asef.

Sedangkan Ketua Komunitas Perempuan Berkebaya, Wilujeng Isnoniati mengatakan, dirinya sengaja mengajak para wanita untuk berkebaya tidak lain untuk ‘nguri-uri’ budaya Jawa. Namun disisi lain agar warga juga semakin menyintai oleh budayanya sendiri.

“Jadi meski sekarang ini sudah jaman globalisasi, namun tetap saja sebagai bangsa Indonesia terutama hidup di Jawa, kita harus tetap melestarikan budaya milik sendiri,’ kata Noni panggilan akrabnya.

Menurut Noni, komunitas perempuan berkebaya, akan rutin mengadakan senam di arena CFD Gor Samapta, sebulan sekali di minggu terakhir. “Tentu saya berharap, yang ikut semakin banyak sehingga kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturhami warga Magelang,” tuturnya.

(Ali Subchi)

banner 521x10

Komentar