Konggres PWI Ke-XXV Tahun 2023 Akan Dibuka Presiden Jokowi

Berita, Nasional256 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang digelar di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 25 September 2023. Kepastian kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu disamapaikan Ketua Umum PWI, Atal S Depari di Sekretariat PWI Pusat, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).

“Alhamdulillah, pihak Istana Kepresidenan sudah mengabarkan kepastian kehadiran Pak Presiden ke Konggres PWI di Bandung,” katanya

Menurut Atal, bahwa kongres PWI ini telah dipersiapkan sejak Minggu malam melalui jamuan makan malam (welcome dinner) di Gedung Pakuan, kediaman resmi Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin.

“Agenda awal kongres ini mencakup sebuah seminar pada Senin pagi di eL Hotel Kota Bandung tempat penyelenggaraan konggres PWI 2023,” ujarnya.

Selain itu Atal mengungkapkan, sejumlah tokoh yang hadir diantaranya Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Taufan Eko Nugroho Rotosariko  dan Agus Sudibyo. Setelah itu, acara akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

“Sebelumnya, Presiden Jokowi juga pernah membuka Kongres PWI di Solo pada September 2018 dan menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara pada 9 Februari lalu,” terangnya.

Atal menjelaskan, persiapan Kongres PWI tahun ini sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan sedikitnya 500 wartawan dari seluruh Indonesia akan hadir untuk menghadirkan dan memeriahkan kongres para insan jurnalis yang tergabung di PWI

“Jumlah peserta resmi kongres mencapai 105 orang, terdiri dari 3 pengurus dari 35 PWI Provinsi, serta perwakilan dari 4 PWI provinsi baru. Setiap PWI provinsi diberi kesempatan mengirim hingga 5 peninjau, serta pengurus lainnya sebagai penggembira,” jelasnya

Adapun mengenai undangan juga telah disampaikan kepada pimpinan Dewan Pers, perwakilan anggota Dewan Pers, dan pemimpin media-media terkemuka.

Sementra itu, Sekretaris Umum PWI Jawa Barat, Tantan Sulthon menjelaskan, pihaknya mendukung penuh Kongres PWI XXV di Jawa Barat, sehingga persiapan kegiatan dilakukan bersama antara PWI Pusat dan PWI Jawa Barat.

“Tentunya ini menjadi sebuah kehormatan bagi PWI Jawa Barat yang menjadi tuan rumah,” jelas Tantan. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar