Konggres PWI Ke-XXV Tahun 2023 Di Kota Bandung Akan Didukung Polda Jabar Untuk Mengamankan Jalannya Konggres

Berita, Jawa Barat201 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BANDUNG – Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tahun 2023 di Kota Bandung mendapat dukungan dari jajaran Kepolisisan Daerah (Polda) Jabar untuk mengamankan jalannya konggers. Demikian ditegaskan oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat menerima audiensi Panitia Pelaksana (Panpel) Kongres XXV PWI Jabar di ruang kerjanya di Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Kamis (27/7/2023)

Audensi Panpel dengan Kaploda Jabar dihadiri Panpel Kongres XXV PWI Marthen Selamet Susanto, Sekretaris Hardiyansah, Wakil Sekretaris Tb.Adhi, Bendahara Ati Suprihatin, serta jajaran pengurus PWI Jawa Barat lainnya. Dalam pertemuan tersebut Kapolda menyambut positif kegiatan Konggres dengan menyiapkan pengamanan secara maskimal.

“Tentu saja, kami menyambut positif dan mendukung penuh pelaksanaan kongres. Apalagi juga akan dihadiri oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo, sehingga sudah pada tempatnya kita akan melakukan pengamanan dalam berbagai aspeknya. Termasuk nanti pengamanan di dalam saat berlangsungnya kongres juga menjadi konsern kami,” kata Kapolda Irjen Akhmad Wiyagus.

Menurut kapolda, Kota Bandung dalam hal ini PWI Jawa Barat sebagai pelaksana layak berbangga ditunjuk menjadi tuan rumah sebuah perhelatan yang dinilainya memiliki nilai strategis. “Tentu saja, Kongres PWI ini memiliki nilai strategis. Akan tetapi bagi tuan rumah yang ditunjuk tentu menjadi nilai kebanggaan tersendiri. Apalagi kota ini nanti akan didatangi oleh sekian peserta dari seluruh perwakilan PWI di seluruh Indonesia,” ucapnya

Perwira tinggi bintang dua lulsan Akpol 1989 ini, menjabat sebagai Kapolda Jabar sejak sejak 27 Maret 2023 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini secara berseloroh PWI Jabar sudah tepat menetapkan tempat pelaksanaan Kongres XXV nanti di Hotel El Royale. “Selain lokasinya sangat strategis sehingga mudah didatangi dari arah manapun di Kota Bandung, letaknya diapit oleh Mapolrestabes Bandung serta rumah dinas saya. Sudah tepat itu,” ujar sosok kelahiran 23 September 1967 di Tasikmalaya, Jawa Barat, ini disambut tawa hadirin.

Sementara itu, Ketua Panpel Konggres PWI XXV, Marlhen Selamet Susanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan fasilitasi yang disampaikan Kapolda Jabar. Ia mewakili seluruh jajaran PWI Pusat dan PWI Jabar merasa tenang dan optimis pelaksanaan kongres nanti akan berjalan aman, lancar, dan sukses berkat dukungan penuh Polda Jabar.

“Meski tidak pernah terjadi keributan dan jangan sampai seperti itu, dalam pelaksanaan kongres yang agenda utamanya adalah pergantian kepemimpinan organisasi profesi wartawan, pastilah rentan menuai konflik. Audiensi dengan Pak Kapolda ini menjadi bagian dari upaya preventif serta memastikan pelaksanaan kongres berjalan dengan baik. Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pak Kapolda yang sangat simpatilk,” tandasnya.

Selain itu, Selamet mengatakan, momen lima tahunan Kongres PWI ini sudah berjalan ke-25 kalinya. “Jadi usia PWI ini lebih tua daripada kemerdekaan negara ini. Sama juga dengan usia PSSI. Dari kongres ke kongres memang selalu ada riak yang terjadi dan itu wajar. Akan tetapi tidak pernah terjadi keadaan anarkis dan tidak boleh terjadi. Maka, kita harapkan kesejukan udara Kota Bandung juga membawa sejuk suasana kongres,” katanya.

Sekeratris Panpel, Hardiansyah juga meyampaikan, bahwa panitia lokal dari PWI Kota Bandung dan PWI Jabar sudah melakukan persiapan terbaik untuk menyambut peserta kongres dari seluruh wilayah tanah air. “Panitia pusat dan lokal sudah melakukan persiapan dan koordinasi. Setiap kontingen dari PWI berbagai provinsi pasti juga akan mengikutsertakan penggembira selain peninjau yang jumlah dibatasi. Bahkan, jumlah penggembira bisa lebih banyak. Hal ini juga perlu diantisipasi,” ungkap Hardiansyah yang juga Ketua SMSI Jabar tersebut.

Sebagaimana diketahui, Kota Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah Kongres XXV PWI pada tahun 2023 oleh PWI Pusat. Kongres lima tahunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 September di Hotel EL dan diikuti oleh ratusan peserta dari 38 PWI Provinsi dan cabang khusus Solo, di luar peninjau dan para penggembira. Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PWI Pusat yang sekaligus Penanggung Jawab Kongres Atal Sembiring Depari mengharapkan Kongres XXV 2023 berjalan baik dan sukses. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar