oleh

Koperasi Harus Miliki SDM Handal

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Tantangan yang dihadapi dunia koperasi, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam konteks ini, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.

“Koperasi yang ada saat ini, agar memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal, guna menghadapi tantangan kekinian saat inu,” pinta Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana SE, usai melepas jalan sehat pa peringatan hari koperasi ke 72, di halaman Pemkab Magelang, Jumat (26/7/2019).

Dalam acara tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang, memberikan penghargaan kepada 6 koperasi berprestasi di tahun 2019. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana SE, didampingi anggota Forkompimda Kabupaten Magelang.

Menurut Edi Cahyana, tantangan yang dihadapi dunia koperasi, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Sehingga daalam konteks ini, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.

Untuk itu, insan koperasi hendaknya disiapkan untuk mempunyai kreativitas, dan inovasi yang tinggi guna menata organisasi untuk membangun strategi bisnisnya. Maka koperasi sudah saatnya memanfaatkan tehnologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on –line dan pengembangan aplikasi aplikasi bisnis lainya.

Dengan demikian, lanjut Edi Cahyana, diharapkan melalui gerakan koperasi, dapat merangkul generasi milenial yang saat ini jumlahnya telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia.

Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis mengatakan, peringatan Hari koperasi tingkat Kabupaten Magelang diisi berbagai kegiatan antara lain upacara peringatan, jalan santai yang diikuti oleh pengurus dan anggauta yg dikuti kurang lebih 1000 peserta,jambore, sarasehan grebeg koperasi dan lainnya.

Adapun koperasi yang berprestasi yang mendapat penghargaan berupa Tropy dan uang pembinaan antara lain : KSPPS Al Husna Borobudur ( juara I), KPRI Berkah UPT Disdikbud Kec.Muntilan ( juara II), Kopdit CU Mekar Lestari Muntilan ( Juara III), KPRI Subur UPT Disdikbud Candimulyo (juaraIV), KPRI Sadar Disdikbud Kab Magelang ( juara V) dan Kordit CU Arta Mulia Salam ( juara vi).

(Ali Subchi)

Komentar