oleh

Koramil 0605/Bogor Utara Bersama Ormas Giat Karya Bakti Bersihkan Kali Cikerti

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Koramil 0605/Bogor Utara bersama Ormas dan masyarakat Kelurahan Ciluar melaksanakan karya bakti TNI membersihkan Kali Cikerti sepanjang 1.000 meter yang berada di Kelurahan Ciluar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor, Minggu (28/1/2018).

Danramil 0605/Bogor Utara Kapten CHB SS Rumalutur, S.IP mengatakan, pihaknya melaksanakan karya bakti TNI dengan sasaran membersihkan Kali Cikerti untuk mengurangi dampak resiko longsor dan banjir serta menciptakan sungai di Kota Bogor yang bersih.

“Kami mengajak beberapa ormas FKPPI, PP, BBRP, LMPI dan seluruh komponen masyarakat untuk bekerjasama dan peduli akan kebersihan lingkungan, di samping itu juga merupakan program TNI manunggal bersama rakyat,” kata CHB SS Rumalutur, S.IP kepada InilahOnline.com, Minggu (28/1/2018).

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut adalah salah satu bakti nyata sekaligus penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kegiatan karya bakti TNI sebagai implementasi dari Koramil 0605/ Bogor Utara, hal itu sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu masyarakat dan pemerintah daerah.

“Kegiatan gabungan ini suatu contoh bahwa kami TNI selalu peduli akan lingkungan sekitar. Kegiatan karya bakti TNI ini juga bisa membangun persatuan dan kesatuan antara masyarakat dan TNI,” tandasnya.

Sementara itu Camat Bogor Utara Atep Budiman mengatakan, kegiatan membersihkan Kali Cikerti sepanjang 1.000 meter yang berada di Kelurahan Ciluar Kecamatan Bogor Utara tujuannya adalah untuk memelihara ekosistem sumber daya mineral agar tetap terjaga, kali tetap bersih dan aliran air bebas dari sampah serta pembersihan dan pengangkutan sampah sektor kanan kiri Kali Cikerti bersama Ormas dan masyarakat, juga melakukan pengerukan sedimen tanah yang mengedap di Kali Cikerti.

“Saat ini kami semua mempunyai beberapa titik yang harus di kerjakan dan salah satunya, membersihkan Kali Cikerti sepanjang 1.000 meter. Pembersihan dan pengangkatan sampah, pohon/ranting yang menghambat laju air di Kali Cikerti,” Kata Atep.

Atep berharap, masyarakat di bantaran kali bisa menjaga kebersihan lingkungan dan peduli akan kebersihan kali di Kota Bogor serta untuk menciptakan kembali kali yg bersih, dengan mengembalikan fungsinya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Saya berharap masayarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dan kali ini jangan dijadikan tempat pembuangan sampah. Kalau bukan kita yang menjaga, mau siapa lagi,” tandas Camat Bogor Utara Atep Budiman. (ian)

banner 521x10

Komentar