oleh

Koramil Kaliwates dan Sumbersari Jadi Sasaran One Day One Koramil

INILAHONLINE.COM, JEMBER

Baru sehari di sosialisasikan, Dandim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos, M.I.Pol, langsung memberlakukan program One Day, One Koramil di wilayah tugasnya.

Pada kesempatan itu, dirinya langsung tertuju untuk mengunjungi Koramil 0824/12, Kaliwates pada hari Kamis, 29 Agustus 2019.

Kedatangan La Ode ke Koramil itupun, ternyata tak hanya disambut oleh Danramil, para personel Koramil saja. Namun, beberapa pihak, termasuk diantaranya Kapolsek Kaliwates, Kompol Supadi hingga Camat setempat, turut berada di lokasi kunjungan Dandim Jember saat itu.

Tak hanya itu, kunjungan almamater Akademi Militer tahun 2001 itupun juga ditujukan ke Koramil Sumbersari. Di lokasi tersebut, mantan Pasi Intel Yonif Raider 500/Sikatan tersebut, melakukan pengecekan beberapa sarana dan prasana yang berada di masing-masing Koramil yang ia kunjungi saat ini.

“Termasuk administrasi, pangkalan dan data-data yang terpampang di Koramil. Ini merupakan upaya dari pembinaan Satuan,” jelasnya.

Ia menilai, upaya pembinaan itu mampu memantapkan peran anggota Koramil sebagai bagian dari pelayan masyaraka. “Keberadaannya harus mampu memberikan bantuan di masyarakat,” bebernya.

Beberapa tugas, imbuh La Ode, wajib dilakukan oleh Bintara Pembina Desa di wilayah tugasnya. Selain melakukan One Day, One Door, para Babinsa juga diharuskan untuk melakukan One Day, One Man, One Day, One Pesantren hingga One Day, One Dhuafa.

“Program One Day, One Dhuafa itu program tambahan. Kebetulan, program itu digagas oleh Bupati,” ungkapnya. “Inilah bentuk sinergitas antara TNI dan Pemda. Masing-masing memang memiliki peran, tapi sinergitas itu menjadi hal yang utama guna mewujudkan suatu daerah agar lebih maju dan kondusif,” imbuh Letkol La Ode Muhammad Nurdin.

(Susilo)

Komentar