oleh

Koramil Tanjung Pelopori Lomba Gapura Cinta Negeri

INILAHONLINE.COM, BREBES

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pengingat pada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita patut bangga dengan negeri ini. Tanpa kita sadari, begitu beragam kegiatan yang dimiliki masyarakat untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan tanpa kita sadari, ragam-ragam kegiatan tersebut telahmenjadi bagian dari tradisi dan kebudayaan, salah satunya kegiatan menghias gapura.

Kapten Inf Muhtadi Danramil 04/Tanjung menindaklanjuti dari apa yang telah disampaikan dan berita yang sudah beredar di media sosial, dimana Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif akan menyelenggarakan sebuah festival bagi Rakyat Indonesia, yakni Festival Gapura yang mengusung tema “Cinta Negeri.”

Festival ini akan diselenggarakan mulai tanggal 17 Juli s.d. 17 Agustus 2019. Dengan adanya festival ini, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat ikut serta dalam menghias gapura di permukimannya. Sabtu (20/07/2019).

Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing. Saya berharap, hal ini dapat meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” ujar Danramil yang memberitahukan kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tanjung untuk mengikuti lomba tersebut.

Selain meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme, Festival Gapura Cinta Negeri merupakan perwujudan gotong royong masyarakat yang dapat mendorong peran aktif masyarakat dalam menyumbangkan ide kreatif. “Festival ini memicu masyarakat untuk berinovasi dalam mengembangkan kreasinya,” Tambah Danramil.

Langkah yang dilakukan Danramil 04/Tanjung Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Muhtadi bersama anggotanya mengawali memasang tiang-tiang bendera dan pembenahan gapura di depan pangkalan Koramil sebagai percontohan dan memberikan semangat kepada warga binaan di wilayahnya.

(CJ/Utsman)

Komentar