oleh

Koramil Wungu Madiun Bersama Tiga Pilar Gelar Sosialisasi Cegah Karhutla

INILAHONLINE.COM, MADIUN

Komandan Koramil (Danramil) 0803/05 Wungu, Kodim 0803/Madiun beserta Muspika Kecamatan Wungu menggelar sosialisasi pencegahan Kebakaran Kebun, Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Wungu. Acara digelar di Pendopo Wisata Grape, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Kamis (19/9/2019) siang.

Didalam arahannya Danramil 0803/05 Wungu, Kapten Inf Jayadi menyampaikan, agar warga menjaga dan memelihara Hutan, Kebun dan Lahan. “Setiap masyarakat yang memilikinya agar terhindar dari kebakaran, karena saat ini sering sekali terjadi akibat kelalaian bahkan ada unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat agar mempermudah kerja membuka lahan pertanian miliknya dengan cara dibakar,” ujarnya.

“Mereka tidak memikirkan dampaknya dapat menimbulkan masalah dan resiko kebakaran yang besar,” imbuhnya.

Sementara Kapolsek Wungu, AKP J. Nugroho, S.H.M.H., mengatakan, masalah kebakaran hutan telah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah kita. Bahwa kita ketahui bersama bahwa dampak dari kebakaran hutan yang terjadi sangat menggangu baik aktifitas kita sehari-hari maupun bagi kesehatan,” tegasnya.

“Kita sosialisasikan masalah kebakaran hutan agar jangan sampai ada upaya dan terjerat hukum. Perintah pimpinan seandainya terjadi kebakaran hutan sekecilpun harus ditangkap pelakunya, karena sudah diawasi satelit kalau ada titik api kebakaran hutan pasti mudah termonitor,” tandasnya.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Desa Brumbun Bapak Dani menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mewaspadai ancaman kebakaran Karhutla diwilayahnya masing-masing, serta turut menjaga dan memeliharanya.

“Pada dasarnya kita semua, baik Perhutani, TNI, Polri, LMDH dan masyarakat yang berdekatan dengan wilayah hutan sama-sama dan bahu-membahu menjaga hutan agar tidak terbakar,” pungkasnya.

(Soleh Widarto)

Komentar