Kota Bandung Luncurkan Aplikasi E-PunTEN

Daerah351 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Bandung yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan juga ibu kota Provinsi Jawa Barat, tentunya menjadi kota tujuan sejumlah masyarakat dari daerah di Jabar sebagai tempat untuk mencari pekerjaan atau berbagai usaha.

Dengan kondisi seperti itu, tentunya akan banyak orang atau masyarakat luar Bandung yang keluar masuk wilayah Kota Bandung, sehingga membutuhkan pendataan yang baik.

Untuk menyelesaikan permasalahannya tersebut, Pemerintah Kota Bandung meluncurkan aplikasi e-PunTEN (Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen) yang berfungsi untuk pendataan, warga mana saja yang bukan asli Bandung tetapi mereka tinggal di Bandung, baik alasannya untuk bekerja ataupun sekolah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengatakan, penduduk luar Kota Bandung yang ingin tinggal di Bandung dan tidak ingin merubah identitas bersangkutan maka e-PunTEN ini salah satu caranya.

“e-PunTEN merupakan aplikasi dimana pendaftaran penduduk tidak permanen bisa dilakukan untuk warga luar kota Bandung,” ucap Popong, usai launching aplikasi e-PunTEN di Harris Hotel, Kamis (7/9/2017).

Menurut Popong, untuk mengakses e-PunTEN cukup mudah, cukup dengan download di Play Store dan melakukan pendaftaran atau bisa lewat web epunten.bandung.go.id yang merupakan aplikasi untuk pendaftaran penduduk tidak permanen.

“Mau tinggal di Bandung lebih dari 6 bulan KTP tidak ingin diganti maka harus gunakan e-PunTEN,” katanya. (Hilda)

banner 521x10

Komentar