oleh

KPU Asahan Terus Mempersiapkan Tahapan Pilkada

INILAHONLINE.COM, ASAHAN-SUMUT

Meski kondisi pandemi, persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Asahan Tahun 2020 terus dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Asahan, provinsi Sumatera Utara. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU kabupaten Asahan, Hidayat SP, Kamis (9/7/2020) usai menghadiri Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kecamatan Buntu Pane dan kecamatan Tinggiraja, daerah setempat.

Menurutnya, persiapan Pilkada Asahan tetap disesuaikan dengan tahapan yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Uumum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020. “Sejauh ini tahapan sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Meski pandemi kita terus kerja. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai pengaktifan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), pelantikan PPS dan pembentukan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di masing-masing PPS,” jelasnya.

Ketua KPU kabupaten Asahan, Hidayat SP

Disampaikannya juga, bahwa saat ini KPU dan PPK se kabupaten Asahan sedang melaksanakan Bimtek pemuktahiran data pemilih Pilkada Asahan 2020. Dari kegiatan ini diharapkan seluruh penyelenggara ad hoc, baik PPK, PPS dan PPDP mengusai dan memahami teknis kerjanya, berupa pencocokan dan penelitian data pemilih. Sebagai bagian dari tahapan Pilkada 2020, hal ini akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020.

“Bimteknya untuk pencocokan dan penelitian data pemilih itu sudah kita mulai dari tanggal 7 bulan ini. Akan berakhir besok pada tanggal 10 Juli 2020. Sejauh ini sudah ada 20 kecamatan yang melaksanakan. Jadi tinggal 5 kecamatan lagi sisanya dari total kecamatan yang ada,” kata Hidayat.(Aziz)

Komentar