KPUD Kota Bogor Resmikan dan Berikan Bimtek untuk Para Agen Sosialisasi Pilkada 2018

Megapolitan, Politik437 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor menggelar Kegiatan peresmian dan bimbingan teknis Agen Sosialisasi se-Kota Bogor untuk pelaksanaan pilkada serentak 27 Juni 2018, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat serta pemilihan walikota dan wakil walikota Bogor tahun 2018, diruang Media Center KPU Kota Bogor, hadir pembicara dan pemberi materi dalam kagiatan ini, Komisioner KPU Kota Bogor, Siti Natawati dan Bambang wahyu, Sabtu (3/2/2018).

Siti Natawati Komisioner KPU Kota Bogor sebagai pemateri dalam peresmian Agen Sosialisasi mengatakan, pembentukan agen sosialisasi berbasis pemerataan dan proposionalitas. Pemerataan yang dimaksud adalah setiap perguruan tinggi yang ada di kab/kota se-Jawa Barat difungsikan sebagai agen penyelenggara sosialisasi Pilgub Jabar dan wakil walikota Bogor tahun 2018 untuk segmentasi pemilih pemula dan pemilih muda.

“Berharap ada peningkatan partisipasi segmentasi pemilih pemula dan pemilih muda. Dengan dibentuknya dua relawan di setiap kecamatan agen sosialisasi dan relawan demokrasi berbasis kecamatan maka akan ada pemerataan peningkatan partisipasi pemilih,” kata Siti.

Menurutnya, tugas dan kewajibannya agen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada dan Pemilu dan menjadi mitra KPU dalam mensosialisasikan penyelenggaraan pilkada dan pemilu serta memberikan pendidikan pemilih dan pendidikan politik kepada masyarakat.

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan berbasis keluarga sebagai upaya pemberdayaan penyelanggara tingkat bawah. KPPS diperlebar fungsinya dengan melakukan sosialisasi di lingkunganya khususnya terhadap pemilih yang sudah masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta mendeteksi pemilih dan memastikan kehadirannya ke TPS.

Sementara Komisioner KPU Divisi Bidang Sosialisasi, Bambang Wahyu menambahkan, “agen sosialisasi dan relawan demokrasi diberi pembekalan pemahaman tentang kepemiluan, yang tidak sekedar pemahaman menginformasikan pada masyarakat (publicing), tetapi juga dibekali pemahaman pendekatan terhadap masyarakat, sehingga agen sosialisasi bisa menggambarkan kepastian masyarakat yang akan datang ke TPS. Tentunya, pemahaman tersebut sesuai asas dan prinsip pelaksanaan pemilu,” tandasnya.

Sementara itu, setelah peresmian di KPU Kota Bogor, pelaksanaan pengukuhan Agen sosialisasi se-Jawa Barat akan dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2018, di KPU Provinsi Jawa Barat.

Berikut nama-nama petugas Agen Sosialisasi di setiap kecamatan; Untuk kecamatan Bogor Tengah Ahmad Teguh dan Lina Maulida, dan untuk Kecamatana Bogor Utara Ida Farida Tusina dan Lashita Bayu Samudra, kemudian untuk Kecamatan Bogor Selatan Akbar Rafsanjani dan Vinny Fizri Aulia Rahma.

Sementara untuk kecamatan Bogor Timur ada Muhammad Erlan Febrian dan Kiki Mandala Putra, lalu untuk Kecamatan Bogor Barat Andhika Bandi Sulistyo dan Dita Febriana, kemudian untuk Kecamatan Tanah Sareal ada Bujang Slamet dan Vera Puspitasari Sari. (Nicko)

banner 521x10

Komentar