oleh

Kurangi Penggunaan Kantong Pelastik, Pemkot Bogor Himbau Gunakan Besek untuk Wadah Daging Kurban

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) dalam mengurangi penggunaan kantong plastik akan diimplementasikan pada saat hari raya Idul Adha mendatang. Hal itu dapat dilihat dari diterapkannya Peraturan Wali Kota Nomor 61/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Pemkot Bogor menyerukan kepada seluruh warganya untuk membagikan hewan kurban menggunakan besek bambu atau bongsang sebagai pengganti kantong plastik.

“Kita buat imbauan untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah atau pembungkus daging kurban,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Elia Buntang, Kamis (1/8/2019).

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan draft himbauan untuk segera disebarluaskan kepada panitia kurban se-Kota Bogor.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Humas Pemkot Bogor untuk ikut serta menyebarluaskan informasi ini,” ujar Elia.

Menurutnya, dengan menggunakan bongsang atau besek diharapkan dapat mengurangi pemakaian plastik. Elia menilai, wadah yang terbuat dari bambu itu lebih praktis dan sampahnya tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Sampahnya mudah dihancurkan, tidak seperti plastik, baru dapat terurai paling tidak lebih dari 20 tahun di dalam tanah,” terang Elia.

Persoalan sampah di Kota Bogor, Elia menambahkan, tidak bisa diatasi oleh pemerintah daerah sendiri, harus ada sinergitas antara pemerintah dan masyakarat.

“Untuk menciptakan dampak perlu dilakukan bersama-sama,” imbuh Elia.

(Red)

Komentar