oleh

La Nyala Academia dan Senator Fachrul Razi Bantu Korban Banjir Bandang di Aceh Tengah

INILAHONLINE.COM, TAKENGON

La Nyalla Academia bersama Senator Fachrul Razi, anggota DPD RI asal Aceh menyalurkan bantuan Banjir Bandang di Aceh Tengah, Kamis (21/05/2020). Kehadiran tim dan spanduk bertuliskan Bantuan dan Program Sosial Bencana Banjir Bandang di Aceh Tengah, awalnya menarik perhatian publik karena yayasan La Nyala Academia merupakan sebuah yayasan sosial yang didirikan oleh A. La Nyala Mattalitti yang saat ini menjabat sebagai ketua DPD RI.

“La Nyala Dikenal tokoh yang sangat juat beribah dan dermawan bagi masyarakat miskin, Alhamdulillah beliau mau menyisihkan dana nya untuk disumbangkan kepada masyarakat korban banjir bandang dan dampak covid-19 di Aceh Tengah,” jelas Fachrul Razi.

Senator Fachrul Razi tercatat sebagai anggota DPD RI asal Aceh yang aktif bersuara di media, dan sejak bencana banjir bandang, telah beberapa kali menurunkan bantuan sembako di Aceh Tengah. Sejak Kamis hingga Jumat ini, tim relawan peduli banjir bandang yang dibentuk Senator Fachrul Razi mengunjungi rumah-rumah warga guna membagikan langsung bantuan kepada masyarakat korban bencana banjir bandang.

 

Bantuan tersebut dibagikan dititik terparah banjir dan tanah longsor Desa Paya Tumpi, Kec. Kepayakan. Melalui perwakilan tim Senator Fachrul Razi dilokasi, sejak Kamis (21/5/2020) tim telah menyalurkan langsung bantuan Paket Ramadhan terhadap masyarakat miskin korban banjir bandang,

“Paket yang kita salurkan berupa beras, sirup serta kebutuhan lainnya,” ujar ketua tim lapangan Mustawa Agustina.

Saat ini menjelang H-2 Idul Fitri belasan Kepala Keluarga (KK) korban bencana musibah banjir bandang di Kampung Paya Tumpi Baru dan Kampung Paya Tumpi Induk masih bertahan di posko pengungsian. Selain belum ada instruksi dari pemerintah setempat untuk kembali ke rumah masing-masing, para korban khawatir karena cuaca masih diguyur hujan.

Senator Fachrul Razi mengatakan bahwa saat ini dirinya masih fokus pada bantuan darurat korban banjir bandang berupa pembagian sembako, namun diri nya yang juga pimpinan komite I DPD RI akan memperjuangkan di Senayan Jakarta terhadap kerusakan fisik akibat bencana Banjir Bandang. “Kami akan berusaha memperjuangkan agar pemerintah membantu memperbaiki insfrastruktur yang rusak karena bencana banjir bandang,” tutup Fachrul Razi.

Seperti diberitakan sebelumnya, musibah banjir bandang melanda Kampung Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (13/05/2020) sekira pukul 15.30 WIB. Lokasi terjadinya banjir masih dalam kawasan Kota Takengon serta daerah padat penduduk sehingga diperkirakan puluhan rumah terimbas serta beberapa diantaranya dilaporkan rusak.

Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 14.00 WIB, menyebabkan munculnya air bah dari kawasan Singah Mata, atau sekitar satu kilometer dari Kampung Paya Tumpi Baru. Bahkan banjir bandang tersebut, sempat merendam sejumlah rumah warga di beberapa kampung di kota dingin itu. (CJ/RLS/Red)

Komentar