oleh

Lawang Salapan Bersolek Merah Putih Songsong HUT RI ke-74

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Ada yang berbeda dari Lawang Salapan. Ikon Kota Bogor yang kokoh berdiri berdampingan dengan Tugu Kujang ini sudah bersolek. Tampak sembilan ornamen bendera merah putih berukuran besar menjuntai indah, lengkap dengan sorotan lampu senada.

Ya, euforia tersebut bagian dari peringatan HUT RI ke-74 yang dikemas dalam event bertajuk Festival Merah Putih (FMP) 2019. Dalam sebuah seremoni di area Tugu Kujang, Rabu (31/7/2019) malam, Wali Kota Bogor Bima Arya berkesempatan membuka festival tersebut. Kegiatan itu juga sebagai sebuah penanda bahwa rangkaian acara FMP akan dimulai dalam beberapa pekan ke depan.

“Kepada tim Festival Merah Putih, bentangkan bendera merah putih di seluruh penjuru Kota Bogor sekarang juga,” ungkap Bima, saat melakukan simbolisasi pembentangan ornamen merah putih di Lawang Salapan.

Uniknya, pihak penyelenggara, yakni Bogor Bersahabat (Bobats) akan memasang 17.845 buah umbul-umbul merah putih di ruas-ruas jalan, baik di Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor. Angka 17.845 tersebut menggambarkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus 1945.

Ketua Panitia FMP 2019 Awaludin Sarmidi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung acara dan panitia yang telah berjuang mempersiapkan acara ini sehingga bisa berjalan segera.

“Antusias tahun ini juga cukup baik, tercatat ada 20 komunitas yang ikut ambil bagian dalam mensukseskan acara ini, termasuk teman-teman dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Bogor. Rekan-rekan FPTI sudah sekian hari berusaha melakukan instalasi ini (pemasangan atribut di Lawang Salapan). Ini perjuangan di tengah hujan, panas, angin yang kencang, mereka berusaha melakukan instalasi,” ujar Awaludin.

Pihaknya juga melibatkan berbagai unsur yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor ini agar Festival Merah Putih ini bukan hanya milik segelintir orang, tetapi milik seluruh warga Bogor.

Selain Merah Putihkan Lawang Salapan dan pemasangan 17.845 umbul-umbul merah putih, dalam festival ini juga turut digelar beragam rangkaian acara menarik, seperti kirab merah putih raksasa, lomba melukis, lomba fotografi, pameran foto, pameran sketsa, mengarak bendera merah putih raksasa, kuliner, lomba mewarnai, puisi, kemah kebangsaan, jalan santai, fun bike, bazaar hingga lomba ketangkasan baris berbaris.

(ian Lukito)

Komentar