oleh

Legenda Musik Campur Sari Didi Kempot Tutup Usia

INILAHONLINE.COM, SOLO

Indonesia kembali kehilangan salah satu legenda musik campursari. Maestro musik yang selalu membawakan lagu-lagu dengan lirik bahasa jawa, Didi Kempot tutup usia ketika karir bermusiknya berada di puncak kepopuleran, Selasa (5/5/2020) Pukul 07.45 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo Jawa Tengah.

Penyanyi sekaligus musisi yang memiliki nama asli Didik Prasetyo itu, meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo dalam usia 53 tahun yang dikabarkan akibat serangan jantung.

Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez ketika dihubungi awak media membenarkan, bahwa almarhum meninggal dunia, tanpa menjelaskan secara rinci apa penyebab meninggalnya almarhum. “Betul mas Didi Kempot meninggal dunia pagi ini di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo. Sudah saya cek ke dokter jaga,” ujarnya singkat.

Courtesy Youtube

Kabar kepergian penyanyi yang populer dengan sebutan “God Father of Brokenheart” ini, sontak menarik perhatian publik, khususnya para penggemar Didi kempot “sobat ambyar” yang jumlahnya jutaan orang, baik di Indonesia mapun manca negara.

Bahkan belum lama ini di pertengahan bulan April 2020 lalu, Didi Kempot sempat menggelar konser amal secara live dari rumah yang disiarkan oleh sebauh stasiun televisi swasta, berhasil menghimpun dana amal sebesar Rp 7,6 miliar hanya dalam waktu tiga jam saja untuk didonasikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Selain itu, bahkan kepergian Didi Kempot penyanyi dengan lagu hitsnya “Sewu Kuto”, menjadi trending topic di media sosial (medsos) dan para pengguna jejaring sosial lainnya.

Pantauan tim Citizen inilahonline.com, sejak kabar duka itu beredar di media sosial, warganet membanjiri lini masa Twitter dengan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Didi Kempot.

Saking banyaknya publik yang berduka. Posisi 10 besar trending lain terkait Didi Kempot adalah #SobatmbyarBerduka Rest In Peace, Lord Didi, RIP Legend, Pakdhe, Selamat Jalan, dan Sugeng Tindak.

Beberapa twit ucapan ucapan belasungkawa dari warganet dan juga para fans yang dikenal dengan “sobat ambyar” berhasil dipantau dan dihimpun dari Twitter. Atas kepergian mantan musisi jalanan yang lahir di Kota Sola Jawa Tengah ini membuat banyak “sobat ambyar” yang merasakan patah hati setelah mendengar kabar kepergian Didi Kempot.

“Selamat Jalan. The God Fathers Of Broken Hearts. Beristirahatlah mas Didi Kempot,” duka akun @aban69ojek.

“Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Semoga Almarhum Mas Didi Kempot @didikempotid husnul khotimah dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. Aminnn YRA Palms up togetherPalms up togetherPalms up together,” ucapan duka akun @_d3nmas_ajah.

“Kenapa harus sekarang? rest in peace didi kempot, thank you so much for all of your songs that never fail made me cry when i listen it,” tulis akun @aurelliandra.

“Innalillahi wa innaillahi roji’un. Ya Allah ga nyangka banget pakde ninggalin kita. Semoga amal ibadah pakde diterima disisi Tuhan,” duka akun @intanorii.

“Innalillahi waa innaillahi roji’una, selamat jalan pakde Didi Kempot (Godfather of Broken Heart). Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT. Terima kasih, karyamu telah membuat kita semua, dan akan abadi selamanya,” tulis akun @masgita_.

“Sobat ambyar benar-benar ambyar kali ini, innalillahi wainnailaihi rojiun, Didi kempot,” tulis akun @dwikialjawi.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. selamat jalan legend Broken heart. koyok ngene rasane nandang kangen. semoga tenang di alam sana om didi kempot,” kata akun @safiqzakin.

Selain itu, salah satu seleb yang berduka akan berita tersebut adalah Angela Lee. Ia mengatakan hatinya ambyar setelah mendengar kabar itu. “Turut berduka cita sedalam-dalamnya…. Semoga Pak Dhe tenang di sisi-Nya Atiku ambyar se ambyare Pak Dhe,” tulis Angela Lee dalam Instagram miliknya.

Postingan Angela Lee tersebut langsung mendapatkan banyak belasungkawa dari netter. Selain itu, juga masih banyak para seleb lainnya yang membanjiri jagat medsos dengan ucapan berduka cita atas meinggalnya Didi Kempot tersebut.

Saat berita ini dipublish, Selasa (5/5/2020) pukul 12.30 WIB, menurut pantauan inilahionlie.com, jenazah Didi Kempot sudah diberangkatkan dari RS Kasih Ibu Solo Jawa Tengah menjuju rumah duka almarhum di Ngawi Jawa Timur.

Sementara itu, kakak almarhum bernama Liliek Subagio membenarkan, bahwa jenazah akan dimakamkan di Ngawi Jawa Timur dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian untuk mencegah adanya para penggemar yang tetap nekad mendatangi ke rumah duka dan ikut melayat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Untuk sobat ambyar, saat ini kita sangat berduka dan kehilangan almarhum,” ujar Liliek Subagio dengan terisak menangis sedih.

(Ali Subchi)

Komentar