oleh

Lestarikan Tradisi Kaulinan Sunda, Ade Yasin-Iwan Gelar Festival Pancakarsa

INILAHONLINE.COM, CIBUNGBULANG – Masyarakat Kecamatan Cibungbulang berbondong-bondong menghadiri kegiatan Festival Pancakarsa yang digagas oleh Pasangan Cabup – Cawabup Bogor nomor urut 2, Hj. Ade Yasin – H. Iwan Setiawan (HADIST) di lapangan Cemplang Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Minggu (11/3/2018)

Dalam sambutan pembukaan Festival Pancakarsa tersebut, Ade Yasin memegaskan bahwa tujuan utama diadakan kegiatan ini, di samping untuk mempererat kerukunan masyarakat, juga untuk melestarikan Kaulinan Sunda, atau permainan tradisional khas Sunda yang kini sudah semakin ditinggalkan masyarakat, terlebih kalangan muda.

“Saya memiliki lima program unggulan yang disebut Pancakarsa, salah satunya Bogor Beradab, artinya bahwa saya menginginkan masyarakat Kabupaten Bogor dapat terus melestarikan tradisi dan budaya sunda yang semakin ditinggalkan di rumahnya sendiri. Padahal, tradisi dan kebudayaan itu berpotensi besar menguatkan pribadi bangsa.” Tegas Teh Ade, sapaan akrab Calon Bupati nomor urut 2 ini.

Ia melanjutkan, “Karenanya, saya menggagas Festival Pancakarsa. Di festival ini, masyarakat bergembira dengan bermain Bakiyak, Egrang, Tarik Tambang, dan permainan tradisional lainnya.” Pungkasnya.

Hendi, salah seorang warga Kecamatan Cibungbulang yang hadir bersama keluarganya mengungkapkan, bahwa ia merasa senang dan bahagia dengan adanya acara Festival Pancakarsa.

“Sebagai masyarakat pribumi, saya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Teh Ade dengan Festival Pancakarsa ini, apalagi di dalamnya terdapat lomba Kaulinan Sunda atau permainan tradisional. Saya ajak anak-anak saya untuk bermain Bakiyak dan Egrang. Acara Ini sangat bagus dan mendidik masyarakat.” Ungkap Hendi. (Basir)

banner 521x10

Komentar