Libur Telah Tiba, Yuk! Ke Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar

Berita, Jawa Barat, Wisata332 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BANDUNG — Libur sekolah segera tiba. Mungkin sebagian dari kita ingin ke Masjid Raya Al-Jabbar yang telah menjadi ikon baru Kota Bandung. Ternyata kini Masjid Raya Al-Jabbar semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas baru yaitu Galeri Rasulullah.

Di galeri ini, pengunjung bisa menambah wawasan tentang perkembangan agama Islam, bahkan hingga di Jawa Barat.

Di Galeri Rasullulah ini, terdapat sejumlah diorama kehidupan sosial masyarakat Timur Tengah di masa syiar Islam. Menariknya, sebagian besar informasi bisa diakses hanya dengan sekali sentuh di layar melalui perpaduan teknologi visual dan cahaya yang memikat.

Galeri Rasullah yang terletak Masjid Al Jabar Kecamatan Gedebage Kota Bandung ini telah diresmikan 27 Maret Silam. Di dalamnya terbagi atas 15 ruangan dengan masing-masing tema yang berbeda.

Kelimanya akan menampilkan kisah perkembangan agama Islam mulai dari perkenalan, zaman sebelum kenabian, era Makkah, Madinah serta masuknya Islam di Jawa Barat.

Selain ditampilkan melalui kekuatan visual, di sana juga terdapat deskripsi dari masing-masing visual, sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami masing-masing tema yang disuguhkan.

Tak kalah menarik, replika perabotan serta baju perang di era masa tersebut juga tersimpan rapi.

Manager Operasional Galeri Rasulullah, Edian Rudiana mengatakan, teknologi canggih tersebut dimaksudkan agar pengunjung Galeri Rasulullah semakin tertarik mempelajari sosok Rasullulah SAW dan perkembangan Islam di seluruh dunia.

“Kami berharap dengan adanya galeri Rasulullah ini dapat menjadi ruang edukasi bagi pengunjung. Sekitar 70 persennya disematkan teknologi canggih agar semakin menarik untuk dilihat dan dipelajari,” paparnya.

Untuk menunjang tampilan informasi, pengguna bisa membaca berbagai deskripsi seputar perkembangan Islam, termasuk memahami Al Quran menggunakan teknologi interactive touch read. Melalui teknologi ini, hal-hal yang ingin diketahui bisa diakses hanya dengan menyentuhnya.

Rudi menjelaskan, bagi calon pengunjung harus mendaftarkan diri secara online untuk berkunjung ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar. Pendaftaran bisa diakses melalui website resmi DKM Masjid Raya Al Jabbar: https://aljabbar.jabarprov.go.id/.

“Warga sangat antusias, tiket akan dibuka setiap pukul 12.00 WIB untuk lima hari ke depan. Sekitar 30 menit, kadang sudah habis, antreannya cukup banyak,” terangnya.

Berikut ini jadwal operasional Galeri Rasulullah

  1. Galeri Rasulullah hanya dibuka setiap Rabu hingga Minggu
  2. Waktu pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.
  3. Untuk sementara, kunjungan ke galeri Rasulullah masih gratis.
  4. Akses menuju Galeri Rasulullah dibatasi 120 orang per hari, untuk menghindari kapasitas berlebihan.

Tunggu apalagi, yuk kita ke Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar. (**/Hilda)

banner 521x10

Komentar