oleh

Mahasiswa IPB University Terpilih Menjadi Putra Padi Jabar 2019

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian (Faperta), IPB University, Holidin, dinobatkan sebagai Putra Padi Jawa Barat di Gedung DPRD Kabupaten Bogor. Pemilihan Putra-Putri Padi Jawa Barat merupakan pencarian dan pembinaan generasi muda Jawa Barat yang memiliki kepedulian terhadap bidang lingkungan hidup khususnya pertanian.

Dalam siaran pers Humas Biro Komunikasi IPB University yang diterima INILAHONLINE.COM, Selasa (30/7/2019) disebutkan, acara tersebut bertujuan untuk menjadikan Putra-Putri Padi Jawa Barat sebagai generasi muda yang mencintai dan melestarikan pertanian serta membuat gerakan penjaga kedaulatan pangan. 

Holidin tidak menyangka akan memenangkan penghargaan tersebut karena baru pertama kali terjun ke dunia kompetisi seperti ini. 

“Awalnya minder karena saya hanya seorang anak petani yang tidak tahu hal-hal seperti itu. Tapi akhirnya saya berani karena saya memahami betul tentang pertanian karena memang sejak kecil sering bergelut di dunia pertanian termasuk saat kuliah sekarang,’’ujar Holidin.

‘’Alhamdulillah berkat berbagai rangkaian yang saya ikuti dengan baik, saya diberi kepercayaan sebagai pemenang utama Putra Padi Jawa Barat. Saya berharap lewat Putra Padi ini saya bisa lebih bermanfaat untuk orang lain terutama di bidang pertanian,” tambahnya.

Dijelaskan, saat proses seleksi, Holidin membuat esai tentang kembali ke pangan lokal.

Menurutnya, mengkonsumsi pangan lokal menjadi kebanggaan tersendiri untuk mendukung diversifikasi pangan. Tujuannya untuk mendukung Indonesia mencapai ketahanan pangan tahun 2045 dengan konsep ketahanan pangan dimulai dari desa hingga tingkat nasional.

Dalam pemilihan Putra Padi tersebut, Holidin mempelajari berbagai hal terkait pertanian. Mulai dari ketahanan pangan yang diisi langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan, materi dari Balai Besar Industri Agro yang mendorong generasi muda untuk membantu produk lokal menjadi produk nasional atau internasional. 

“Ada kelas public speaking, beauty class, unjuk kabisa (menampilkan bakat), photoshot, promosi produk pertanian, wawancara langsung dan di malam penganugerahan kita juga diuji pengetahuan mengenai pertanian oleh para juri. Ilmu-ilmu yang saya dapatkan di Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB University sangat membantu saya. Pada proses seleksi, pengetahuan di bidang pertanian menjadi fokus yang ditanyakan juri,” tambah Holidin.

Sebagai duta pertanian Jawa Barat, Holidin memiliki tugas untuk mengajak generasi muda untuk mau melirik kembali bidang pertanian, membantu mempertahankan Jawa Barat sebagai lumbung padi nasional, dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dengan rakyat.

(Periksa Ginting)

Komentar