oleh

Maknai HUT Batalyon ke-53 Ditengah Covid-19, Satgas Pamtas Yonif 411 Gelar Donor Darah

INILAHONLINE.COM, MERAUKE

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon ke-53 ditengah pandemi Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad memaknainya dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Kamis (28/5/2020).

Lebih lanjut dikatakan bahwa menjelang HUT Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad ke-53 pada tanggal 1 Juni 2020, personel yang saat ini tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG sektor selatan, menggelar kegiatan bakti sosial bertema “Peduli Sesama Melawan Covid-19”.

Kegiatan donor darah yang digelar bekerjasama dengan PMI Cabang Merauke tersebut melibatkan 38 personel Satgas Yonif 411 Kostrad dari Pos Kout Sota, Pos Yanggandur dan Pos Kalan serta 12 orang petugas dari PMI Cabang Merauke.

“Bakti sosial donor darah ini, rangkaian kegiatan memaknai HUT ke-53 Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19), dengan harapan setetes darah yang kita sumbangkan akan berguna bagi orang yang membutuhkan,” kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Kegiatan ini juga merupakan wujud pengabdian TNI AD yang saat ini sedang bertugas di perbatasan RI-PNG sektor selatan dalam membantu memenuhi stok darah Palang Merah Indonesia yang mengalami kekurangan dimasa pandemi. “Semoga melalui kegiatan donor darah ini, meskipun jumlahnya tidak banyak dapat membantu ketersediaan stok darah di PMI Merauke, khususnya ditengah-tengah pandemi Covid-19,” pungkas Dansatgas.

Sementara itu, kordinator kegiatan Dokter Satgas Lettu Ckm dr. M. Akbar Andriansah mengatakan, PMI merauke saat ini kekurangan stok darah, kegiatan selesai terkumpul sebanyak 27 kantong darah dari pendonor yang memenuhi syarat. “Donor darah sangat bermanfaat bagi lingkungan, orang lain, dan yang terpenting juga bagi diri sendiri agar semakin sehat,” ucapnya.

“Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad menjelang ulang tahunnya ke-53 ini, dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.

Ketua PMI Merauke dr. Milka Tabaubun, Sp.PK., yang turut hadir dan memantau langsung kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif 411 Kostrad yang telah menggandeng PMI Merauke untuk keenam kalinya melaksankan kegiatan donor darah dimasa penugasannya.

“Stok darah saat ini telah menipis, kami dari PMI Merauke sangat terbantu dan berterimakasih kepada Bapak-bapak TNI dari Satgas yang selalu rutin mengadakan kegiatan donor darah. Semoga sumbangsih ini menjadi amal ibadah bagi para pendonor, tak lupa kami ucapkan selamat ulang tahun ke-53 Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad,” tuturnya.

(Badarudin)

Komentar