oleh

Mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuki Divonis Hukuman 3 Tahun Penjara

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Bupati Jepara nonaktif, Ahmad Marzuki akhirnya dijatuhi hukuman selama tiga tahun penjara atas kasus suap terhadap Hakim Lasito dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (3/9/2019).

Marzuki dihukum hakim Pengadilan Tipikor Semarang karena terbukti bersalah, melakukan tindak pidana suap kepada hakim PN Semarang, Lasito.

Ketua Majelis Hakim Aloysius Bayu Priharnoto mengatakan mengadili, menghukum terdakwa Ahmad Marzuki, dengan pidana selama tiga tahun penjara dan menetapkan terdakwa tetap dalam tahanan.

Selain pidana badan, lanjutnya, terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp400 juta. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayarkan maka diganti penjara selama 3 bulan.

“Menghukum terdakwa dengan pencabutan hak politik selama tiga tahun setelah hukuman pokok,” ujarnya.

Meski demikian hakim juga menyatakan, Marzuki juga dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Atas putusan majelis hakim, kedua belah pihak baik Marzuki maupun jaksa KPK menyatakan sikap pikir-pikir.

Ahmad Marzuki diketahui telah menyuap oknum hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito. Suap senilai Rp700 juta tersebut dilakukan Marzuki, untuk menggugurkan status tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik DPC PPP Kabupaten Jepara 2011-2014 oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

(Suparman)

Komentar