Mantan Kepala BPN Kabupaten Bogor Dilantik Sebagai Pejabat Bupati Magelang

Berita, Jawa Tengah219 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SEMARANG  – Mantan Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) BPN Kabupaten Bogor, H. Sepyo Achanto, SH. MH dilantik Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana sebagai Penjabat (Pj) Bupati Magelang di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran Jateng, Semarang, Senin, (29/1/2024)

Sepyo Achanto sebelum dilantik sebagai Pj Bupati Magelang adalah pejabat di Kemetrian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Direktur Pengaturan Komunal, Hub Kelembagaan dan PPAT dan juga menjabat sebagai Direktur Penertiban Penguasaan, Pemilikan dan Penggunaan Tanah

Sepyo ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Magelang setelah Bupati Zainal Arifin dan Wakil Bupati Edi Cahyana berakhir masa jabatannya per 29 Januari 2024.

Saat prosesi pelantikan itu, Nana Sudjana menyampaikan apresiasi kepada bupati Magelang sebelumnya atas dedikasi dan pengabdiannya selama menjabat dua periode.

“Beliau (mantan Bupati Magelang Edi Cahyana, red) telah memberikan warna, bahkan beberapa penghargaan yang diraih bagi Kabupaten Magelang,” katanya usai pelantikan.

Nana juga mengingatkan pekerjaan rumah yang mesti dihadapi dan diselesaikan, di antaranya program prioritas dari pemerintah pusat, meliputi stunting, kemiskinan, kemiskinan ekstrem, inflasi, dan pengangguran.

Angka stunting di Kabupaten Magelang pada tahun 2022 berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tercatat 28,20 persen, sedangkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Magelang pada tahun 2023 sebesar 10,96 persen.

Untuk inflasi Kabupaten Magelang pada Desember 2023 berada pada angka 2,61 persen atau lebih rendah dari rata-rata provinsi sehingga perlu dipertahankan. “Tantangan ke depan akan semakin meningkat, terutama dalam menyelesaikan program-program prioritas dari pusat,” katanya

Selain itu Nana juga mengatakan, penjabat bupati Magelang juga diminta menggenjot sinergi tiga sektor unggulan, yakni pertanian, pariwisata, dan industri, karena Pemkab Magelang perlu lebih masif mengembangkan pertanian organik yang sudah dimulai sejak 2011 dengan komoditas padi.

“Sementara disisi untuk bidang pariwisata perlu mendukung penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Borobudur,” tandasnya.

Dalam pesan terakhirnya, Nana menekankan untuk mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024 dan pilkada serentak. Untuk itu, pighaknya mengajak masyarakat Kabupaten Magelang nanti pada 14 Februari 2024 untuk datang ke TPS-TPS guna memberikan suaranya dalam Pemilu 2024 “Berbondong-bondonglah datang ke TPS supaya partisipasi masyarakat bisa minimal 80 persen. Jaga situasi kondusif dan terus koordinasi dengan instansi terkait, termasuk dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat,” pungkasnya. (Ali Subchi/Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar