oleh

Masjid Besar An-Nur Potong 50 Hewan Kurban

INILAHONLINE.COM, DRAMAGA

Masjid Besar AN-Nur Perumahan IPB Alam Sinar Sari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor memotong hewan kurban sebanyak 21 ekor sapi dan 29 ekor domba/kambing. Pemotongan 50 hewan kurban tersebut di laksanakan di halaman Masjid AN-Nur, jalan Asri Raya, Desa Sinar Sari, dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Qurban 2019 Masjid AN-Nur, H. Rusmanta.

Menurut Rusmanta, jumlah hewan kurban yang dipotong pada Idhul Adha 1440 H mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yang hanya 18 ekor sapi dan 29 domba/kambing.

Bertambahnya jumlah hewan kurban ini karena tingkat kemakmuran warga bertambah. Kemudian warga yang tadinya melakukan pemotongan sendiri, kini menyerahkannya ke masjid AN-Nur. Jumlah mudhohi (orang yang berkurban) tahun ini mencapai 176 orang

Dijelaskan Rusmanta, daging kurban yang sudah dipaket seberat lima (5) ons akan dibagikan kepada warga Desa Sinar Sari, Neglasari dan Desa Dramaga yang berjumlah 3.500 orang.

Pemotongan hewan kurban mulai dilakukan sejak pukul 07.30 WIB dengan melibatkan sekitar 200 orang. Pada bagian pemotongan hewan sapi dikoordinatori Agus Sopyan (Ketua RW 04) sedangkan untuk pemotongan hewan domba dikoordinatori H. Yanu.

drh. Dedi Setiadi yang mengawasi hewan kurban mengatakan, secara umum semua hewan kurban yang dipotong dalam kondisi klinis. ”Jika ditemukan cacing di hati hewan kurban, maka hati hewan tersebut dibuang, tapi daging akan tetap dipakai,”ujar Dedi.

Ketua DKM AN-Nur H. Dahri Iskandar mengatakan berkurban adalah sunnah muakkadah. Yakni, ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dan, biayanya pun bersumber dari harta yang bersih, suci dan tentu saja milik pribadi.

”Mudah-mudahan, baik yang berkurban maupun yang menerima daging kurban, sama-sama mendapat berkah,”ujar Dahri.

(Periksa Ginting)

Komentar