oleh

Masyarakat Diminta Lebih Cerdas Dalam Memilih Biro Umroh

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Banyaknya kasus penipuan yang dilakukan oleh beberapa biro umroh, masyarakat dihimbau untuk lebih cerdas dalam memlih biro umroh yang berijin dan resmi, menyusul banyaknya masyarakat menjadi korban yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai iming-iming harga murah.

”Melihat tingginya menjalankan ibadah umroh, diharapkan masyarakat lebih cermat untuk menentukan pilihan terhadap biro umroh yang legal dan amanah,”ujar Kabid Penyelenggara Haji Dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah Solikhin dalam diskusi yang dilakukan oleh Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jateng di Gedung Lebi Gubernuran Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (17/4/2018).

Ia menjelaskan, di wilayah Jawa Temgah setiap tahun lebih dari 100.000 masyarakat di wilayah Jawa Tengah menjalankan ibadah umroh. Terbukti hingga saat ini banyak ditemukan biro Umroh, yang tidak amanah setelah berhasil menghimpun dana para jamaah umroh, dimanfaatkan untuk investasi fisik yang ujungnya bermasalah.

”Sekarang ini masih ada juga biro umroh yang memakai sistem MLM yang dapat merugikan jamaah,”ujarnya.

Kendati demikian, ia berpesan agar masyarakat yang akan menggunakan jasa Biro Umroh untuk memastikan sejumlah hal yang sangat penting.Pertama, pastikan bironya di cek di website milik kemenag, kedua pastikan jadwal penerbangan pulang dan keberangkatan, pastikan paket yang ditawarkan, pastikan akomodasinya serta pastikan visanya.

Hal senada diungkapkan oleh Djumadi dari Mastour, banyaknya biro umroh terlibat dalam masalah karena memberangkatkan jamaah dengan harga dibawah ketentuan yang ditentukan. Setidaknya supaya tidak terjadi masalah seharusnya biayanya diatas Rp 20,5 juta.

”Sekarang ada biro umroh baru dengan berani memasang harga biaya dibawah ketentuan, yaitu Rp 14,5 juta sehingga banyak yang kesandung masalah. Rata-rata masyarakat belum tahu prosedurnya secara terang,”katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Syariah Bank Jateng Rizeni Arifin menuturkan masyarakat perlu melakukan pengecekan terhadap biro jasa umroh, apakah biro bersangkutan bekerja sama dengan bank atau tidak.

”Masyarakat yang akan haji atau umroh bisa melihat bironya sangat berkompeten atau tidak? dan dilihat apakah bekerja sama dengan bank atau tidak?. Karena bank biasanya sudah bekerja sama dengan biro yang sudah melakukan verifikasi,”ujarnya.(Suparman)

Komentar