oleh

Masyarakat Kecewa Terhadap Kinerja BPN Karawang

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sedang gencar-gencarnya melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

Akan tetapi Program ini di keluhkan oleh puluhan masyarakat yang notabene sebagai pemohon pengajuan pembuatan PTSL, yang mana menurut masyarakat pengurusan pembuatan PTSL ternyata tidak sesuai dengan kenyataan.

Hal tersebut di katakan oleh HR (33) warga kecamatan Pakis jaya, Kabupaten Karawang, yang surat sertifikatnya sudah terbit namun tidak bisa diambil karna menurut Pegawai BPN karawang kalau tanah tersebut di klaim oleh pihak Perhutani.

Hal inilah yang membuat HR tidak mengerti, kenapa baru sekarang setelah terbit surat tersebut kini di akui oleh pihak perhutani.

“Saya jadi bingung ko bisa pihak perhutani mengklaim tanah saya, padahal saya selalu bayar pajak. kemudian sekarang diklaim oleh nya.” demikian menurut HR dengan nada kecewa.

“Seharus pihak BPN sudah mengatahui dong yang mana milik Perhutani dan yang mana milik masyarakat. Seharus nya BPN memberitahukan dari awal sejak pengajuan kami,” sambungnya melalui telpon seluler nya kepada inilahonline.com, Jumat (10/5/2019).

Tidak hanya milik HR, Hsm (44) pun dokumen sertifikat nya juga di klaim oleh pihak Perhutani.

Sementara di tempat terpisah, Wakil Ketua Bidang Yuridis, ATR/BPN Karwang Cecep, membenarkan bahwa sertipikat milik HR dan Hsm sudah terbit, namun tidak bisa di berikan kepada pemohon.

“Memang beberapa sertipikat sudah terbit tetapi kami tidak bisa memberikan surat tersebut kepada pemohon, karna tanah tersebut di akui oleh pihak Perhutani. Dan kami mendapatkan denah atau peta tersebut dari Perhutani setelah sartpikat itu dibuat ” kata cecep saat dikonfirmasi inilahonline.com di ATR/BPN Karawang.

(CJ/JUNUDI)

Komentar