oleh

Mayors Retreat U20 Usai, Sekda Tegaskan Kolaborasi Harus Berlanjut

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Pemda Provinsi Jawa Barat tuntas menunaikan keterlibatannya menjadi tuan rumah Mayors Retreat U20 di Kota Bogor. 44 perwakilan delegasi kota negara-negara G20 tampak terhibur dengan rangkaian acara yang disajikan oleh Pemda Provinsi Jabar selama Kamis (1/9/2022).

Setelah diajak membuat kuliner khas asal Garut, dodol dan menikmati kopi Jabar, para delegasi dikenalkan lebih dekat dengan seni budaya asal Jabar di kawasan gedung heritage Keresidenan Bogor dan Creative Center Kota Bogor.

Dipimpin oleh tuan rumah Wali Kota Bogor Bima Arya, para delegasi diajak berkeliling Gedung 1908, kemudian mereka diajak menyaksikan kesenian Singa Depok dengan alunan alat musik Sunda. Tak hanya itu, para delegasi terhibur dengan atraksi kaulinan yang dilakoni anak-anak kecil yang menggemaskan bermain aneka kaulinan barudak Jabar dulu kala seperti ucing sumput, dodorongan pelepah pohon palem, momobilan, dan sasarungan orang sunat.

Tak hanya jadi penonton, beberapa delegasi tak menolak ketika mereka diajak bermain bakiak berkelompok. Bima Arya turut mengikuti perlombaan tradisional tersebut.

“That was fun for me, great,” ucap salah seorang delegasi. “Yeah good,” timpal yang lainnya.

Setelah diajak berinteraksi dengan Kaulinan, para delegasi menyaksikan pertunjukan wayang golek berbahasa Inggris dengan dalang Atep AS Hudaya dari Giri Komara. Kemudian mereka diajak mengenal industri kreatif asal Jabar di Creative Center Bogor. Rangkaian kegiatan Kamis dilanjutkan dengan mengunjungi Istana Bogor, berkeliling Kebun Raya Bogor dan ditutup dengan makan malam di sana.

Dalam seremoni penutupan rangkaian U20, Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja kepada para delegasi mengatakan, meski rangkaian U20 berakhir, namun bukan berarti jadi akhir jalinan para wali kota negara-negara G20. Melalui penutupan U20 tersebut, diharapkan jadi awal kerja sama dan kolaborasi yang akan dilakukan ke depan.

“Terima kasih pada semua tamu yang sudah jauh-jauh bergabung pada event ini. Saya mengapresiasi dan juga terima kasih pada tim kami yang telah bekerja keras mulai dari persiapan sehingga bisa terlaksana sukses penuh antusias selama penyelenggaraan,” katanya.

“Saya harap para tamu memiliki kenangan yang berkesan di Bogor ini (Jabar). Sedari pagi kita sudah menjalankan aneka aktivitas mulai dengan menjajaki kuliner khas Jabar, menyaksikan pertunjukan budaya dan seni serta mengunjungi pameran ekonomi kreatif di Jabar ini,” imbuhnya.

Di akhir seremoni, Setiawan mengatakan, seperti yang kerap Gubernur Jabar sampaikan, bahwa saat ini dunia menghadapi tiga disrupsi yaitu pandemi COVID-19, kemajuan 4.0 dan pemanasan global. Ketiga disrupsi tersebut harus dihadapi dengan berkolaborasi untuk mengatasi tantangan tersebut.

“Saya ingatkan, kita harus lanjutkan kolaborasi yang telah dilakukan selama U20 berlangsung, khususnya selama kebersamaan pada hari terakhir kegiatan. Dan tadi dari Afrika sudah mengisyaratkan akan ada kolaborasi nyata ke depannya,” ucap Setiawan.

Pada kesempatan tersebut, Setiawan pun memberikan ucapan selamat pada India yang akan menjadi tuan rumah U20 berikutnya.(Humas Jabar/Hilda)

banner 521x10

Komentar