oleh

Mbah Marji Ikut Gotong Royong Membantu Satgas TMMD Reguler 112 Kodim 0705/Magelang Ngecor Jalan

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Di antara puluhan seragam hijau (anggota TNI) yang sedang mengerjakan pengerasan jalan antar desa sepanjang 1.000 meter lebih itu, ada beberapa warga sipil membaur ikut membantu program TMMD Reguler 112 Kodim 0705/Magelang, untuk pengerasan jalan menghubungkan Desa Ketep menuju Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Adalah Marji (50), warga Dusun Puluhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, mengaku bersyukur terhadap program TMMD Reguler 112 Kodim 0705/Magelang, karena telah membantu warga desa dalam pengerasan jalan. Semula, jalan yang menghubungkan Desa Ketep – Kapuhan, berupa tanah liat jika musim hujan licin, dan saat musim kemarau berdebu.

Sebagai petani, lanjut Mbah Muji yang ikut kerja bakti secara gotong-royong antara warga setempat dengan anggota TNI dari Kodim 0705/Magelang, menjadi program nyata untuk pengerasan jalan yang sangat diharapkan oleh warga.

Melalui jalan desa yang baik, tentu akan dapat membawa manfaat yang besar bagi warga di dua desa, yakni Desa Ketep dan Kapuhan, sehingga jalur transportasi desa lebih lencar, dan meningkatkan segala aktivitas warga, baik menuju ke lading maupun saat membawa hasil pertanian ke rumah.

“Ujungnya, adalah meningkatan ekonomi warga, karena transportasi menjadi lancer, sehingga hasil petrtanian bisa dengan cepat di jual ke pasar. Saya sangat berterima kasih adanya program TMMD ini, jelas asangat membantu warga,” ujat mbah Marji dalam bahasa jawa di sela kerja bakti di desanya, Selasa (21/9-2021).

Dengan dilaksanakannya TMMD di desanya. Ia berharap nantinya tidak akan lagi mengalami kesulitan membawa pakan ternak dengan sepeda motornya. Maka saat kerja gotong royong, warga desa begitu bersemangat kerja tanpa lelah, termasuk mbah Marji sangat bersemangat berbaur dengan prajurit yang sedang melaksanakan TMMD.

Saat ini, ia selalu menyempatkan diri bergabung melaksanakan program TNI tersebut. Bahkan untuk urusan tanaman di ladangnya sekarang, lebih banyak diurus oleh istrinya mencari rumput untuk pakan ternak.

“Sebelum ikut kerja bakti, pagi saya sudah mencari rumput untuk persediaan pakan ternak. Usai ikut kerja bakti bersama Satgas TMMD, saya sempatkan untuk mencari rumput sekalian pulang ke rumah,” ujarnya.

Warga Desa Kapuhan sangat senang dengan adanya pembangunan jalan desa ini, karena kalau jalan ini selesai dicor blok, maka warga bisa membawa hasil pertanian atau pakan ternak dengan mudah lancer.

Pengerasan jalan menggunakan cor blok, menjadi salah satu sasaran program TMMD 112 yang saat ini sedang digelar oleh Kodim 0705/Magelang. Jalan sepanjang hampir satu kilo meter itu, merupakan jalur penghubung Dusun Puluhan Desa Ketep menuju Desa Kapuhan. Sehari – harinya, jalan tersebut merupakan akses para petani di dua desa.

Jalan yang masih bebatuan itu, sangat sulit dilalui, apalagi kalau musim penghujan. Tidak jarang, para petani yang akan kembali ke rumah dengan membawa rumput atau pakan ternak merasa kesulitan. Selain jalan masih berbatu, juga kondisinya menanjak, sehinga seringkali mereka terpeleset. (ali subchi)

Komentar