oleh

MBSM 2017 Kota Bogor Diikuti Pelari dari 9 Negara

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Mandiri Bogor Sun Down Marathon (MBSM) 2017 yang bakal digelar, Minggu (09/07/2017) di Kota Bogor akan diikuti ribuan pelari (runners) di berbagai kategori, yakni Full Marathon (FM) 42K, Half Marathon (HM) 21K, 10K dan 5K dengan Start dan Finish di Spot Barack Obama dan Joko Widodo (Kebun Raya Bogor). Pelari nantinya akan diajak berkeliling menikmati bangunan Heritage dan keindahan Kota Bogor.

Pelari dari berbagai komunitas Kota di Indonesia baik pemula, menengah, profesional (mahir) dan pelari dari 8 negara lain (Algeria atau Alzajair, Cina, Perancis, Kenya, India, Singapura, Thailand, Amerika) turut memeriahkan event lari maraton dini hari pertama di Indonesia ini.

Perlu diketahui, lari dini hari hanya khusus bagi kategori FM 42K atau pelari yang sudah profesional dengan Start pukul 01.00 WIB, sedangkan kategori HM 21K Start pukul 05.00 WIB, kategori 10K pukul 05.30 WIB dan 5K pukul 06.00 WIB.

Bahkan, MBSM 2017 ini diikuti peserta termuda yakni Agil Fazrin (6) asal Kota Bogor yang mengikuti kategori 5K dan peserta tertua Iit Koeswati Darmawan (66) asal DKI Jakarta yang mengikuti kategori 5K.

Tak ketinggalan, Wakil Gubernur DKI Jakarta terplilih Sandiaga Uno, presenter Muhammad Farhan atau akrab disapa Farhan dan Melanie Putria mantan Putri Indonesia tahun 2002 turut ambil bagian dalam memeriahkan event tersebut.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, target dari kegiatan ini bukan hanya menggerakan warga untuk olahraga tetapi dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memperkenalkan pariwisata Kota Bogor. Dari segi wisata, Para runner akan diajak mengeksplor titik-titik heritage Kota Bogor. Sebut saja Kebun Raya Bogor, Tugu Kujang, Tepas Salapan Lawang Dasakerta (TSLD), Lawang Suryakancana, jalan Regional Ring Road (R3), dan lainnya.

“Jalur track yang dilalui sudah dicek kesiapan dan keamanannya. Dari mulai lampu, kondisi jalan dan kebersihannya. Nantinya akan ada petugas kesehatan yang siaga di titik-titik tertentu rute lari. Saya juga sudah koordinasi dengan lurah setempat, kalau ada warga yang mau menyambut pelari bisa dilakukan di titik-titik tertentu,” kata Bima saat konferensi pers di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Jumat (07/07/2017).

Menurutnya, event lari ini sangat sesuai dengan karakter dan kultur Kota Bogor yang sejuk dan asri. Ia optimis, MBSM 2017 ini akan memancing gelaran event-event lari lainnya di Kota Bogor yang digagas komunitas. Selain dari event lari yang memang sudah ada (Bogor Heritage Run) hal tersebut akan didukung dengan ditambahnya pembangunan infrastruktur jalur pedestrian di tahun depan yang dimulai dari jalan Otista, jalan Jenderal Sudirman, jalan Suryakencana dan lainnya.

“MBSM 2017 ini akan menjadi event tahunan Kota Bogor di setiap Hari Jadi Bogor (HJB) sekaligus kalender event bagi pelari nasional hingga internasional,” kata Bima.

Nah, sedikit mengulas mengenai manfaat lari malam. Bagi orang yang super sibuk, malam hari bisa jadi satu-satunya waktu luang untuk berolahraga. Lari malam saat ini sedang ngehits untuk dilakukan setelah pulang beraktivitas. Selain tidak mengganggu aktivitas pagi hari seperti sekolah, bekerja dan sebagainya, lari malam ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imunitas agar daya tahan tubuh tetap prima. Lantas apa saja manfaatnya bila melakukan olahraga di saat matahari sudah terbenam ini?

Beberapa manfaat lari malam. Pertama, membantu membentuk otot. Lari malam dapat membuat membantu membentuk dan membangun otot agar lebih baik. Hal ini karena lari di malam hari dipercaya dapat mengeluarkan hormone pembentuk tubuh lebih banyak pada saat pagi maupun siang hari.

Kedua, Relaksasi otak. Lari di malam hari dapat membantu otak agar lebih rileks setelah padatnya aktivitas yang dijalani selama seharian. Selain itu, lari malam juga dapat membantu mengurangi stress dan tekanan yang ada di dalam pikiran kita.

Ketiga, Membantu membakar kalori. Meskipun kalori diperlukan untuk tubuh, namun apabila kebanyakan kalori hal itu dapat dipercaya memicu kegemukan. Lari di malam hari dapat membantu Anda untuk membakar kalori tubuh dari sisa makanan yang kita konsumsi.

Keempat, Membantu mengurangi resiko cedera. Bagi Anda yang melakukan lari pagi dengan tergesa-gesa, hal ini bisa saja menimbulkan cedera pada persendian tubuh karena ketidaksiapan otot untuk aktivitas yang berat. Apabila Anda melakukan lari malam setelah bersantai, maka resiko cedera pun dapat berkurang.

Kelima, Membantu mencegah berbagai macam penyakit. Layaknya olahraga pada umumnya, lari malam dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, serangan jantung, darah tinggi dan sebagainya.

Keenam, Membantu membuat paru-paru agar dalam kondisi prima. Lari malam juga dapat bermanfaat untuk membuat paru-paru dalam keadaan prima. Menurut sebuah penelitian, kondisi paru-paru yang paling maksimal dipercaya pada pukul 4-5 sore. Sehingga, olahraga seperti lari malam dapat meningkatkan kapasitas paru-paru seseorang.

Ketujuh, Membantu menanggulanggi gangguan tidur. Gangguan tidur dapat disebabkan oleh adanya ganguan pikiran yang menumpuk, stress maupun kurang rileksnya tubuh. seperti yang telah yang dijelaskan sebelumnya, lari malam dapat membuat Anda untuk mengurangi stress maupun ketegangan dalam tubuh sehingga dapat membuat tidur lebih pulas.

Kedelapan, Membantu membuat keadaan psikologis yang lebih baik. Lari malam dipercaya dapat membaut keadaan psikologis seseorang menjadi leih baik. Hal ini sesuai dengan the Australian.com yang membuktikan bahwa olahraga malam seperti lari dapat meningkatkan perasaan bahagia seseorang. Hal ini dikarenakan lari dapat membantu merangsang produksi hormone endorphin yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Bagi Anda yang mengikuti MBSM 2017 diharapkan selalu berhati-hati dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan, serta jangan lupa melakukan persiapan dan pemanasan sebelum memulai berlari. (Basir)

Komentar