oleh

Media Pembelajaran sebagai Sarana Bermain Sambil Belajar

Oleh : Syarifah Muthohharoh
(Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo Jawa Tengah)

Bermain merupakan kegiatan yang sangat disukai anak-anak, terlebih ketika sesuatu yang dimainkan belum pernah dijumpai sebelumya. Anak-anak akan sangat antusias dan merasa tertarik dengan hal tersebut. Ketertarikan anak dengan hal baru inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana meyalurkan ke arah pembelajaran. Anak bisa bermain sambil belajar sehingga tidak merasa bosan dengan model pembelajaran yang hanya berupa ceramah seperti di kelas. Pembelajaran dengan media akan membuat anak lebih berpikir dalam menyelesaikan masalah di permainan dan berpikir tentang materi pembelajaran yang disampaikan di permainan tersebut.

Media pembelajaran bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk bermain sambil belajar dan memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran bisa berupa permainan yang diselingi beberapa soal yang berkaitan dengan materi pembelajaran ataupun dengan meciptakan sesuatu untuk dimainkan. Model permainanya pun beragam, mulai dari permainan sederhana hingga permainan yang sedikit rumit. Media yang dibuat pun bisa dari bahan yang sederhana disekitar kita ataupun dengan tambahan seperti gambar cetak sebagai penunjang materi pembelajaran. Adanya media pembelajaran ini diharapkan bisa menambah semangat belajar anak-anak di masa pandemi seperti ini yang jam belajarnya di sekolah menjadi berkurang cukup banyak.

Pembelajaran tentu akan semakin mengasyikan dengan permainan. Seperti pembelajaran IPA Sekolah Dasar yang kebanyakan materinya berisi tentang lingkungan sekitar yang akan lebih mudah dipahami dengan permainan yang mengasyikan. Permainanya bisa seperti ular tangga dengan soal atau dengan bantuan gambar sesuai materi pembelajaran dilengkapi dengan games sederhana. Anak-anak akan merasa penasaran dengan permainanya dan akan mendapat pembelajaran pula dari permanan tersebut. Tak jarang mereka pun melontarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi dalam permainan karena merasa semakin penasaran.

Permainan yang melibatkan media gambar sangat disukai anak-anak. Misalnya seperti model permainan yang menempel atau menyusun gambar sebuah daur hidup hewan dan fungsi dari bagian-bagian tumbuhan. Mereka akan antusias dalam memainkannya karena mereka bisa melihat bagaimana bentuk dari tahapan daur hidup hewan dan melihat apa saja bagian-bagian dari tumbuhan. Faktor adanya teman dalam memainkan permainan juga membuat mereka semakin betah dalam menyelesaikan permainan.

Diharapkan dengan dibuatnya media dalam pembelajaran anak akan semakin aktif dan bisa berpikir kritis dalam menghadapi sebuah persoalan. Rasa bosan dalam belajar bisa teratasi dengan penggunaan media dalam pembelajaran. Anak juga bisa memanfaatkan sumber belajar disekitarnya, walaupun dalam bentuk yang sederhana. Selain itu anak bisa lebih akrab dengan teman-teman di sekitarnya karena mereka tidak hanya bermain bersama melainkan juga belajar bersama. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan anak bisa menyerap materi pembelajaran serta bisa menumbuhkan nilai bersosial dengan teman di sekitarnya.[ ]

Komentar